Saturday, June 29, 2013

Wanita modern, dan alat canggih penghalau kekerasan

Wanita modern, dan alat canggih penghalau kekerasan

MERDEKA.COM. Kekerasan dan pelecehan terhadap wanita di ibu kota semakin memprihatinkan dewasa ini. Di mana kaum hawa berada, rasanya tak ada tempat yang aman untuk mereka.

Kejahatan seolah terus menghantui aktivitas mereka kala di luar rumah. Mulai dari sasaran pencurian, sampai target pemerkosaan.

Peristiwa teranyar adalah dugaan pemerkosaan yang dialami seorang wartawati Tempo TV berinisial MC (33). Menurut pengakuannya pemerkosaan itu terjadi saat dirinya menunggu jemputan suaminya di sebuah mulut gang di samping halte bus Pramuka, atau tepatnya di samping yayasan kursus Bahasa (LIA) Matraman, Jakarta Timur.

Saat itu dirinya mengaku ditabrak seorang pejalan kaki yang diyakininya sebagai warga sekitar. Tak senang dengan kelakuan pelaku, MC sempat melakukan perlawanan. Tapi apa daya, tenaganya sebagai wanita terbatas saat si pelaku coba melumpuhkan perlawanan itu.

Dalam kondisi tak berdaya itulah, MC mengaku dilecehkan pria itu. Mirisnya lagi, meski waktu kejadian masih terbilang ramai sekitar pukul 18.00 WIB, tak ada seorang pun yang melintas dan memberikan pertolongan.

Hingga kini kasus pemerkosaan tersebut belum berhasil terungkap. Polisi masih berupaya memburu pelaku.

Peristiwa demikian sebenarnya bukan hanya menghantui Jakarta dan sekitarnya saja. Di pelosok Indonesia masih banyak pria biadab yang tega melecehkan wanita, bahkan putri kandungnya sendiri.

Belajar dari situasi yang demikian parah ini, rasanya tak bisa hanya mengandalkan aparat kepolisian. Sebab, nafsu tak ada yang bisa membendung kecuali dengan iman.

Sebagian anak bangsa dan pemikir lainnya, lantas berputar otak dengan ilmu pengetahuan yang mereka miliki. Didukung dengan kemajuan teknologi, mereka coba membuat alat yang dapat memproteksi diri para wanita dari segala bentuk kejahatan jalanan maupun rumahan.

Alat itu dirancang sedemikian rupa dengan harapan bisa melumpuhkan si pelaku yang hendak berbuat macam-macam pada wanita. Meski belum tentu berhasil, tapi paling tidak alat-alat itu sangat membantu wanita merasa lebih aman.

Dalam kesempatan ini, merdeka.com akan mengulas beberapa inovasi teknologi yang dirancang dapat menangkal tindakan pemerkosaan pada wanita yang hidup di era modern. Tak hanya di buat di negara asing, anak Indonesia pun telah memberikan sumbangsihnya dengan membuat sepatu anti pelecehan.

Semoga penyajian kali ini, menambah inspirasi anak bangsa lainnya untuk menghasilkan produk-produk inovatif lainnya khususnya yang dapat melindungi diri dari aksi kriminalitas yang kian hari kian memprihatinkan. Selamat membaca.

Sumber:

anda membaca berita Nasional Wanita modern, dan alat canggih penghalau kekerasan yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment