Sunday, June 30, 2013

KOSGORO Dukung Hayono Isman Maju Jadi Capres Lewat Konvensi Demokrat

KOSGORO Dukung Hayono Isman Maju Jadi Capres Lewat Konvensi Demokrat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perwakilan 33 Dewan Pengurus Kolektif (DPK) Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong (KOSGORO) mendukung Ketua Umum Pimpinan Pusat Kolektif KOSGORO Hayono Isman untuk maju menjadi calon Presiden RI melalui ajang penyaringan konvensi Partai Demokrat.

"Kami melihat figur Pak Hayono cocok menjadi pemimpin bangsa. Seorang pejuang organisasi yang telah paham betul politik yang kami percaya dapat membenahi segala sesuatu mengenai masalah kebangsaan," kata Wakil Ketua Umum KOSGORO Haris Abdullah usai acara Muspimnas KOSGORO, di Wisma MAS ISMAN, Jalan Teuku Cik Ditiro No. 34, Jakarta Pusat, Sabtu (29/6/2013).

Menurut Haris, Hayono bukan kader baru dalam dunia politik baik di legislatif maupun pemerintah. DPK KOSGORO menilai Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga itu sosok yang bersih.

"Dari internal kami yakin beliau akan unggul. Membawa ekonomi kerakyatan dan gotong royong sesuai jiwa KOSGORO," lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Haris, alasan pencalonan Hayono harus melewati konvensi Partai Demokrat, ialah karena Hayono merupakan anggota Dewan Pertimbangan PD. Sebagai kader PD tentu akan lebih terwakili.

"Karena cuma Demokrat yang buka konvensi. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk ikut dengan partai lain, dibanding harus melakukan lobi-lobi politik, tentu akan makan waktu," katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan, bursa calon presiden melalui jalur konvensi Partai Demokrat terus digodok. Pada pekan depan, ia memprediksi komite konvensi itu telah terbentuk.

Syarief berharap komite konvensi berasal dari luar kader Partai Demokrat. "Dalam waktu tidak lama, minggu ini akan dibahas soal konvensi oleh pimpinan partai, akan diputuskan dan akan dibentuk komitenya. Kalau bisa bukan dari orang dalam partai," kata Syarief, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Sabtu (29/6/2013).

Sebelumnya, Syarief mengatakan pihaknya bakal segera mengumumkan tahap awal syarat menjadi calon presiden melalui bursa konvensi. Pengumuman itu dilakukan setelah konvensi disosialisasikan dalam Rakornas.

Pendaftaran peserta konvensi calon presiden akan dimulai pada Agustus 2013 mendatang. Saat ini, beberapa persiapan tengah dimatangkan. Pada Juni 2013, Partai Demokrat memulai tahapan dengan mengatur mekanisme peserta konvensi. Komite konvensi dan panitia seleksi akan dibentuk sebelum Agustus 2013.

Pendaftar yang lolos seleksi akan diusung sebagai bakal capres dari Partai Demokrat. Pada pertengahan Agustus proses konvensi sudah berjalan dan para pendaftar konvensi mulai diseleksi. Konvensi ini digelar semi-terbuka dan hanya figur potensial yang diperbolehkan masuk dalam bursa konvensi.

Baik calon internal maupun eksternal diperkenankan mendaftar sebagai kandidat capres. Partai Demokrat akan menetapkan kriteria tertentu untuk menjaring setidaknya 15 calon. Setelah itu, akan ada tahapan kampanye ke daerah-daerah dan dilanjutkan dengan survei.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional KOSGORO Dukung Hayono Isman Maju Jadi Capres Lewat Konvensi Demokrat yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment