Saturday, June 29, 2013

Steve Wozniak Sebut Snowden Pahlawan

Steve Wozniak Sebut Snowden Pahlawan

TEMPO.CO, Jakarta - Pendiri Apple Computer, Steve Wozniak tak sekedar menyebut Edward Snowden sebagai wistleblower alias pembocor. Rekan Steve Jobs itu menyebutnya sebagai: Pahlawan. "Bagiku Snowden adalah pahlawan yang sesuai keyakinanku bagaimana hukum harusnya bekerja," ujarnya. Menurut Woz, Snowden layak disebut pahlawan karena dia melakukan ini sesuai kata hatinya. "Snowden telah mengorbankan seluruh hidupnya karena kejujurannya soal penyadapan," kata dia.

Menurut Woz, teknologi harusnya tak digunakan untuk melanggar batas privasi manusia. "Menurutku, NSA tak melakukan hal yang bernilai. Mereka melakukannya dengan cara lama dan tak sesuai konstitusi," ujarnya. NSA adalah National Security Agencies. Beberapa pekan lalu, Snowden membocorkan kepada media bahwa NSA melalui program PRISM telah menyadap beberapa server perusahaan IT ternama.

Woz membandingkan apa yang dilakukan NSA dengan program ini seperti jaman perang dingin antara US-Uni Sovyet. Saat saya kecil, saya diberitahu bahwa Komunis adalah orang-orang yang akan membunuh kami dan mereka begitu buruk karena mereka mengikuti orang-orang dan menyadap kami," ujarnya.

Woz merasa ikut bersalah dengan polah NSA ini. Sebagai orang yang ikut andil dalam perkembangan teknologi informasi, komputer diciptakannya untuk memberikan kebebasan, berkomunikasi dengan instan dan berbagi pemikiran dengan bebas."Kami tak bermaksud menggunakan teknologi digital untuk mengendalikan dan menyadap," kata dia.

NUR ROCHMI|HUFFINGTON POST

Topik Terhangat

|| | |

Baca Juga:

Diego Maradona Emoh Tampil di Dahsyat 

Ini Wasit Final Piala Konfederasi 2013

Jokowi dan Megawati Terpukau dengan Ariah 

Maradona Rombak Jadwal di Indonesia 

Maradona: Jangan Campur Sepak Bola dengan Politik


anda membaca berita Internasional Steve Wozniak Sebut Snowden Pahlawan yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment