Saturday, June 29, 2013

Militer AS Blokir Situs Guardian  

Militer AS Blokir Situs Guardian  

TEMPO.CO, Washington - Militer Amerika Serikat mengakui pihaknya memblokir akses ke beberapa bagian situs Guardian bagi ribuan personelnya. Seorang juru bicara Pentagon mengatakan mereka menyaring laporan dan konten yang berhubungan dengan program pengawasan pemerintah dan mencegah materi yang dirahasiakan muncul dalam sistem komputer mereka.

Konfirmasi ini dilakukan menyusul laporan Monterey Herald bahwa staf di pangkalan militer di selatan San Francisco mengeluh tidak bisa mengakses situs Guardian sama sekali. Mereka juga kini tak lagi leluasa menikmati akses Internet, menyusul publikasi rahasia NSA yang dibocorkan Edward Snowden ke situs itu.

Pentagon menegaskan Departemen Pertahanan tidak berusaha untuk memblokir seluruh situs, tetapi hanya mengambil langkah untuk membatasi akses ke konten tertentu. Namun, juru bicara Network Enterprise Technology Command (Netcom) di Arizona mengkonfirmasi bahwa langkah ini mungkin mempengaruhi ratusan fasilitas yang terkait dengan jaringan Internet.

"Dalam menanggapi pertanyaan Anda tentang akses ke situs guardian.co.uk, kami melakukan penyaringan beberapa akses," kata Gordon Van Vleet, perwira yang tergabung dengan Netcom. "Departemen Pertahanan rutin mengambil langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi pengungkapan yang tidak sah dari informasi rahasia ke jaringan tak terklasifikasi."

Tentara menekankan tindakan yang otomatis dan tidak akan mempengaruhi komputer di luar fasilitas militer.

Snowden yang membocorkan informasi rahasia kepada Washington Post dan Guardian soal dua program rahasia NSA untuk mengumpulkan data percakapan telepon pelanggan Verizon dan penyadapan terhadap server perusahaan raksasa internet di Amerika seperti Google, Facebook, Microsoft, dan Apple--yang dikenal dengan program PRISM.

Snowden dituntut dengan pasal pencurian aset pemerintah dan Undang-Undang Spionase, karena berkomunikasi secara tidak sah soal informasi pertahanan nasional dan memberikan data intelijen rahasia Amerika kepada orang yang tidak berhak.  Dengan tuntutan ini, dia terancam hukuman hingga 10 tahun penjara.

GUARDIAN | TRIP B


anda membaca berita Internasional Militer AS Blokir Situs Guardian   yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment