Friday, June 28, 2013

Presiden Vietnam Bertemu Ketua DPR Marzuki Alie

Presiden Vietnam Bertemu Ketua DPR Marzuki Alie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPR Marzuki Alie menemui Presiden Vietnam Truong Tang Sang. Keduanya membicarakan hubungan antar-negara.

"Ini kebetulan kunjungan kenegaraan Presiden Vietnam atas undangan Presiden RI. Namun, dalam kunjungan ini Presiden Vietnam meminta bertemu dengan Ketua DPR, dan tentu kami sambut dengan baik," kata Marzuki di ruangannya di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (28/6/2013).

Marzuki menuturkan, setiap kunjungan ke negara lain, ia juga menemui presiden atau perdana menteri.

"Sekarang, peran parlemen uga sangat penting untuk mendorong hubungan kerja sama antara pemerintah," ucap Marzuki.

Presiden Vietnam hadir dengan beberapa anggota kabinet dan wakil perdana menteri, untuk menyampaikan perkembangan hubungan negara itu dengan Indonesia selama hampir 60 tahun.

"Secara politik, hubungan Indonesia-Vietnam diakui sangat sempurna. Tapi, hubungan harus lebih baik dalam rangka meningkatkan kesejahteraan di antara kedua rakyat, bagaimana kita mampu meningkatkan hubungan ekonomi perdagangan antara Vietnam dan Indonesia," tutur Marzuki.

Ia mengatakan, Indonesia dengan Vietnam telah menandatangani kerja sama di bidang ekstradisi dan MLA (Mutual Legal Assistance). Juga, memperbarui hubungan perdagangan dan ekonomi antara Indonesia-Vietnam.

"Dalam era global, hendaknya kita ketahui secara lebih dalam dengan melakukan tukar menukar pelajar. Jadi, beasiswa mahasiswa, sehingga memudahkan untuk tingkatkan hubungan kerja sama dalam segala aspek di masa mendatang," harapnya.

Marzuki menilai, aspek perdagangan Indonesia-Vietnam relatif seimbang, dan bisa ditingkatkan jika tahu potensi masing-masing negara. (*)

Baca Juga:


anda membaca berita Internasional Presiden Vietnam Bertemu Ketua DPR Marzuki Alie yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment