Saturday, June 29, 2013

Ribuan Petasan Disembunyikan di Kios Penjahit

Ribuan Petasan Disembunyikan di Kios Penjahit

TRIBUNNEWS.COM, TASIKMALAYA -- Jajaran Polsekta Tawang Kota Tasikmalaya menyita ribuan petasan berbagai jenis, dalam razia yang dilakukan di Pasar Pancasila, Kamis (27/6/2013). Diduga untuk mengelabui petugas, salah seorang pedagang menitipkan barang dagangannya kepada tukang jahit.

Petugas menyisir satu per satu lapak dan kios di Pasar Pancasila. Diketahui sejumlah lapak tepergok menjual petasan secara sembunyi-sembunyi. "Meski bulan suci Ramadan masih jauh, penjualan petasan ternyata sudah mulai marak di Pasar Pancasila," kata Kapolsekta Tawang, Iptu Dany Prasetya.

Razia petasan digelar lebih awal, kata Dany, untuk menanggapi keluhan warga yang diresahkan oleh perdaran petasan menjelang bulan Ramadan. Dalam seminggu terakhir, ujar Dany, warga melaporkan di beberapa tempat banyak orang membakar petasan.
"Makanya kami langsung menggelar razia. Betul saja ternyata penjualan petasan sudah ada," ujar Dany.

Dalam razia yang digelar di Pasar Pancasila, polisi menyita ribuan petasan berbagai jenis. Hasil penyitaan terbesar yaitu dari seorang pedagang yang menitipkan barangnya di kios seorang penjahit.

"Setelah dilakukan pencarian lebih intensif, ternyata petasan milik pedagang itu dititipkan di kios tukang jahit. Jumlahnya mencapai ribuan butir berbagai ukuran. Para pedagang mengaku mendapatkan petasan dari salesman yang datang ke kios mereka. Penjualannya sistem konsinyasi," kata Dany.

Seluruh petasan hasil razia, dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam beberapa kantung plastik dan dibawa ke Mapolsekta Tawang untuk dimusnahkan. Sementara para pemiliknya hanya diancam pasal tindak pidana ringan dengan hukuman denda lewat sidang di pengadilan.

"Razia akan terus digelar karena penjualan petasan akan terus muncul sepanjang Ramadan," ujar Dany sambil mengimbau warga agar melapor kepada polisi jika menemukan tempat penjualan petasan. (stf)

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Ribuan Petasan Disembunyikan di Kios Penjahit yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment