Wednesday, July 3, 2013

Mendag: Sekarang Stok Daging Ayam Cukup

Mendag: Sekarang Stok Daging Ayam Cukup

 Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menghimbau kepada masyarakat agar tak khawatir akan langkanya pasokan daging menjelang bulan puasa. Dirinya mengakui bahwa harga ayam potong naik, namun Gita yakin, pasokan ayam potong cukup.

"Ini ada dua hal, ada korelasinya dengan harga daging sapi. Insya allah akan turun dalam waktu dekat, karena pasoknya sudah mulai meningkat dari dalam dan luar negeri," katanya saat melakukan kunjungan di Pasar Induk Beras dan Palawija Cipinang, Jakarta Timur, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Gita menuturkan, keluhan dari pedagang ayam menurutnya lantaran mereka tidak terlalu mendapatkan untung. Ditambah kebutuhan yang meningkat jelang bulan puasa.

"Ya kami komunikasi ke mereka. Ini kan stoknya cukup untuk ayam, kenapa harus naik. Selama persedian pasok ada, ya enggak ada alasan untuk mereka menaikan harga," lanjutnya.

Lebih lanjut dikatakan Gita, pihaknya juga akan mendengar keluhan pedagang. Untuk itu masih akann dicarikan solusi, agar harga komoditas ayam tak dinaikan.

Diberitakan, pasca naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, berdampak pada minimnya pasokan yang membuat harga ayam potong semakin melambung tinggi. Jika harga ayam terus meroket, Paguyuban Pedagang Ayam se-Jabodetabek mengancam akan libur masal jelang Bulan Ramadhan.

Para pedagang merasa harga ayam saat ini sudah tidak masuk akal dan sulit dikendalikan. Mereka mengklaim, sosialisasi mengenai libur masal ini telah disebarluaskan ke seluruh pedagang ayam di pasar-pasar tradisional yang ada di Jabodetabek.

"Itu sesuai kesepakatan rapat perwakilan pedagang ayam se-Jabodetabek, karena harga ayam sudah tidak masuk akal dan sepertinya terus dipaksakan naik," kata Asep Somantri (42), seorang pedagang ayam potong di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (2/7/2013).

Menurut Asep, libur masal akan dilakukan selama sepekan penuh dari H-7 puasa hingga harga ayam kembali kondusif.

"Kami minta solusi pemerintah bagaimana, biar pedagang dan peternak sama-sama untung. Ini naiknya tinggi sekali, apa akan diberikan subsidi?" katanya.

Asep menjelaskan, saat ini harga jual ayam potong broiler di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, sudah mencapai Rp 38 ribu perkilonya.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Mendag: Sekarang Stok Daging Ayam Cukup yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment