Saturday, July 13, 2013

Telepon Putin, Obama Desak Snowden Diekstradisi  

Telepon Putin, Obama Desak Snowden Diekstradisi  

TEMPO.COWashington D.C. â€" Presiden Amerika Serikat Barack Obama mendesak Presiden Rusia Vladimir Putin mengembalikan pembocor data intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, dalam pembicaraan telepon, Jumat waktu setempat.

Dalam pembicaraan tersebut, Obama memperingatkan Rusia untuk tidak memberikan suaka terhadap Snowden. Komunikasi ini dilakukan setelah Snowden, yang hingga saat ini masih bersembunyi di Bandara Sheremetyevo, Moskow, meminta suaka dari pemerintah Rusia.

Tapi permintaan ini bersifat sementara, sembari menunggu proses permohonan suaka ke negara Amerika Selatan selesai.

»Kedua pemimpin membahas pentingnya hubungan bilateral Amerika Serikat-Rusia dalam pertahanan dan keamanan, termasuk status Edward Snowden,” demikian pernyataan resmi Gedung Putih seperti dilansir CBS News.

Gedung Putih melalui juru bicaranya, Jay Carney, menegaskan, pemberian suaka terhadap Snowden, meski untuk tinggal sementara di Rusia, akan memperburuk hubungan bilateral kedua negara.

"Memberikan sarana propaganda bagi Snowden bertentangan dengan deklarasi yang disampaikan pemerintah Rusia soal netralitas Rusia," ujar Carney.

Pernyataan keras Amerika dilontarkan karena kekecewaan mereka atas pertemuan Snowden dengan sejumlah kelompok aktivis hak asasi manusia yang difasilitasi oleh otoritas Rusia di bandara Moskow. Bahkan Kedutaan Amerika Serikat di Moskow menghubungi kelompok HAM yang akan bertemu Snowden dan menegaskan bahwa pria 30 tahun itu adalah buronan, bukan whistleblower.

»Dia bukan aktivis HAM atau pemberontak. Dia didakwa membocorkan sejumlah informasi rahasia dan tiga dakwaan lain,” Carney menegaskan.

Snowden kini telah mengajukan suaka ke 21 negara, dan sebagian besar ditolak. Hanya ada tiga negara Amerika Latin yang bersedia menampungnya. Tetapi Snowden akan mengalami kesulitan untuk bertolak ke Amerika Latin dari Rusia setelah insiden pesawat jet Presiden Bolivia pekan lalu.

CBS NEWS | SITA PLANASARI AQUADINI


anda membaca berita Internasional Telepon Putin, Obama Desak Snowden Diekstradisi   yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment