Jakarta (ANTARA News) - Menjelang hari raya Idul Fitri 2013, sejumlah tempat wisata keluarga menjadi salah satu yang akan diserbu warga, terutama yang tidak mudik lebaran sehingga berbagai pengelola tempat wisata keluarga beramai-ramai menawarkan paket liburan layaknya di Taman Buah Mekarsari.

Tempat wisata keluarga yang berlokasi di Cileungsi, Bogor ini mengungkapkan menjelang hari raya Idul Fitri pihaknya menyiapkan tema liburan yang mengutamakan suasana Lebaran bagi keluarga, yaitu “Mudik Ke Kampung Buah”, demikian keterangan pers Manajer Hubungan Masyarakat Taman Buah Mekarsari, Putri Ayu Pratami.

"Acara ini mulai tanggal 8 hingga 18 Agustus 2013. Pengunjung akan merasakan suasana seperti berada di kampung halamannya, menikmati berbagai sajian khas lebaran, serta buah-buahan lokal daerah yang bisa membawa pengunjung bernostalgia, khususny a bagi yang tidak dapat melaksanakan mudik, karena berbagai halangan," jelasnya.

Selain itu, Taman Buah Mekarsari juga akan menggelar pertunjukan operet bertajuk "Dolanan Bersama Garcy” dan “Aladin di Kampung Buah”.

“Mudik merupakan tradisi masyarakat saat Lebaran tiba, namun tidak semua keluarga berkesempatan melaksanakannya. Melalui program 'Mudik Ke Kampung Buah' kami berharap masyarakat bisa menikmati perayaan-perayaan di hari lebaran serasa di kampung halamannya,” jelas Putri.

Taman Wisata Mekarsari merupakan kebun buah tropis terbesar di dunia dengan jumlah koleksi tanaman mencapai 1470 varietas dan memiliki lebih dari 100.000 pohon serta merupakan tempat wisata yang mencanangkan program  "4-si" yaitu, Konservasi, Reboisasi, Edukasi dan Rekreasi dalam setiap aspek kegiatan yang diadakan.