Miami (ANTARA News) - Sebuah rumah besar yang pernah dimiliki perancang busana Gianni Versace dan menjadi tempat penembakan mematikan atas dirinya pada 1997, akan dijual dalam lelang pada September dengan penawaran awal 25 juta dolar AS.

Mansion yang terletak di lahan seluas 23 ribu kaki yang dikenal dengan nama Casa Casuarina, akan masuk dalam lelang pada 17 September, demikian menurut Lamar Fisher, ketua perusahaan lelang Fisher, seperti yang dilaporkan Reuters. Acara lelang akan diselenggarakan di mansion tersebut.

Terletak di Ocean Drive, properti itu sudah ditawarkan sejak tahun lalu dengan permintaan harga 125 juta dolar dan sudah diturunkan menjadi 75 juta dolar beberapa bulan lalu.

"Ini adalah properti utama abad ini," kata Fisher.

Gedung tersebut dibangun tahun 1937, memiliki 10 kamar tidur, 11 kamar mandi, dilengkapi kolam renang mosaik sepanjang 16 meter dengan dilapisi garis emas 24 karat. Kamar-kamarnya dihiasi lukisan fresko, marmer Italia dan besi antikarat.

Versace membeli rumah itu pada tahun 1992 dan menghabiskan dana 33 juta dolar untuk memugarnya dan menambah bangunan sayap yang lain.

Pada 1997, perancang busana itu ditembak mati di depan pintu rumah tersebut oleh seorang pria yang kemudian bunuh diri.

Pemilik rumah yang sekarang adalah pengusaha Miami yang membelinya pada tahun 2.000. Selama beberapa tahun rumah itu dikelola sebagai butik hotel dengan 10 kamar tetapi ditutup awal tahun ini.


Penerjemah: Maria D Andriana