Jakarta (ANTARA News) - Jakarta Souvenir Design Award (JSDA) yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengusung tema lingkungan atau "green environment".

"JSDA tahun ini memiliki unsur kampanye green environment sehingga diharapkan karya-karya dari finalis selain kreatif juga dapat mengeksplorasi bahan-bahan ramah lingkungan," kata Ketua Pelaksana JSDA 2013, Handaka Santosa, di Jakarta, Kamis.

Gelaran yang telah diadakan empat kali tersebut ditujukan untuk menemukan kreasi design souvenir terbaik ciri khas kota Jakarta.

JSDA memperebutkan piala Jakarta Souvenir Design Award 2013 serta total hadiah Rp 52.500.000,- dengan beberapa kategori penilaian, yaitu Desain Terbaik, Kategori Binaan/UKM, Kategori Profesional/Umum, Kategori Mahasiswa, dan Favorit.

Acara tersebut mendorong agar industri kreatif  terus tumbuh dan berkembang serta mengundang minat para desainer muda, perajin, dan UKM untuk berkreasi dengan mengeksplorasi potensi Jakarta.

Pendaftaran karya dibuka sejak 1 Juniâ€"8 Juli 2013 dan terpilih 20 karya finalis dari 93 pendaftar yang terbagi menjadi tiga kategori; umum, mahasiswa, dan UKM binaan.

Karya ke-20 finalis dipamerkan dalam JSDA 2013 Exhibition mulai 1--18 Agustus di Main Atrium lantai 1 Senayan City.

Selain itu, para finalis juga berhak untuk mengikuti pelatihan Hak Kekayaan Intelektual pada 18 Juli 2013 yang dilanjutkan dengan review produk dari masingâ€"masing finalis.

Pengumuman pemenang dan pemberian penghargaan diberikan langsung oleh pada acara Seremoni Penutupan JSDA 2013 oleh Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Iriana Joko Widodo pada tanggal 18 Agustus 2013 di Senayan City.

Hasil karya para pemenang nantinya akan diproduksi secara massal dan diharapkan dapat menjadi souvenir ciri khas kota Jakarta.