Jakarta (ANTARA News) - Simpel namun elegan, itulah yang dihadirkan desainer Amy Atmanto dalam koleksi Royal Kaftan by Amy Atmanto di Galeries Lafayette, Kamis.

Dua puluh kaftan beraneka warna memiliki potongan sederhana, namun kesan elegan ditampilkan lewat pemilihan bahan sutera, tile, dan taburan manik-manik, mutiara, payet, serta kristal.

Saya ingin hadirkan kaftan yang santun, stylish tapi tetap elegan dan glamor. Inspirasinya adalah pakaian raja dan ratu Ottoman," tukas Amy usai peragaan busana.

Dengan potongan sederhana, koleksi kaftan miliknya tidak jauh berbeda dengan kaftan lain yang banyak ditemui di pasaran.

Namun, Amy menegaskan Royal Kaftan yang harganya jutaan itu memiliki ciri khas karena dibuat dari bahan berkualitas tinggi.

"Ciri khas saya adalah aplikasinya rich dan fokus. Tidak ramai di semua tempat."

Selain warna putih dan off white yang identik dengan suasana Idul Fitri, ada juga koleksi warna cerah seperti kuning, merah, pink, biru, dan hijau dengan hiasan mewah berkilauan dari payet dan kristal yang kebanyakan berpusat di bagian leher, pinggiran tangan, atau bagian bawah kaftan.

Desainer yang juga private partner Swarovski International menyebut kaftan sebagai busana universal yang populer di dunia fashion.

"Kaftan dapat dikenakan siapapun, baik perempuan berhijab atau tidak," tutupnya.