Jakarta (ANTARA News) - Ada sejumlah penyedap rasa alami yang bisa digunakan untuk menggantikan penyedap rasa buatan yang ada di pasaran.

Koki yang malang melintang di layar kaca lewat iklan penyedap rasa, Chef Billy Kalangi, membagikan beberapa rahasia menciptakan penyedap rasa alami.

Rasa gurih bisa diganti dengan garam. Tetapi untuk mengurangi pemakaian yang berlebih, kaldu atau stock buatan sendiri bisa menjadi pilihan.

"Ganti saja, misalnya dengan kaldu ayam buatan sendiri, rebus hingga mengental, lalu dibekukan. Jadi nanti saat akan memasak, kita bisa gunakan ice cube (kubikan es) kaldu itu sebagai perasa alami," kata Billy di acara kumpul media dengan Philips Indonesia di Jakarta, Senin.

Tak hanya kaldu buatan sendiri, keju juga bisa dijadikan sebagai pengganti rasa gurih dan asin. Keju yang merupak an olahan produk susu, menurut Billy, baik digunakan karena nutrisinya.

Sementara itu, penggunaan gula bisa diganti dengan saus buah atau susu kental manis.

"Pemanis sehat bisa dengan saus buah, cocok dipadukan dengan panekuk atau pisang bakar. Kalau susu kental manis bisa digunakan untuk bahan fla," jelas koki berdarah Manado itu.

Menurut Billy, mengganti garam atau gula dengan penyedap rasa dan pemanis alami jauh lebih baik untuk kesehatan, terutama untuk anak-anak.

"Gunanya juga agar mereka tidak terbiasa dengan rasa yang gurih seperti itu, takutnya jadi ketagihan. Kalau tidak makan makanan gurih lalu tidak mau makan, 'kan repot," katanya.