Friday, July 12, 2013

Kemenkumham : Situasi Lapas Tanjung Gusta Sudah Kondusif

Kemenkumham : Situasi Lapas Tanjung Gusta Sudah Kondusif

Jakarta (Antara) - Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) menyatakan bahwa situasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Medan sudah berangsur kondusif.

"Namun aparat TNI-Polri masih bersiaga di depan lapas

dan malam hari setelah warga binaan melaksanakan salat tarawih, mereka sudah mau bekerja sama dengan bersedia melaksanakan apel untuk pengecekan kelengkapan penghuni," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Akbar Hadi di Jakarta, Sabtu.

Beberapa saat setelah salat tarawih, Dirjen PAS, Mochammad Sueb dan staf ahli Menkumham Bidang Polsoskam kembali mengunjungi lapas Tanjung Gusta didampingi Kakanwil, Kadivpas dan Kalapas, katanya.

"Mereka mengecek kondisi terakhir di lapas. Masih terjadi pemadaman listrik beberapa kali di komplek lapas dan blok hunian, namun sudah tidak ada gejolak dari warga binaan lapas Tanjung Gusta," kata Akbar.

Dirjen PAS dan staf ahli menteri menginstruksikan bahwa perlu adanya toilet petugas yang digunakan untuk petugas lapas sendiri dan aparat TNI-Polri yang berjaga, katanya.

"Pembenahan instalasi listrik dan pasokan air yang diutamakan akan diselesaikan dalam waktu dekat, selain pembangunan pagar pintu 3 yang dirobohkan akan diupayakan selesai dalam waktu dekat ini," kata Akbar.

Ditambahkan Akbar, bahwa pada hari Sabtu (13/7) jenazah salah satu pegawai lapas korban kerusuhan akan dimakamkan di daerah Samosir dengan upacara persemayaman jenazah yang dipimpin oleh perwakilan pejabat Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara (Sumut), katanya.(mp)


anda membaca berita Nasional Kemenkumham : Situasi Lapas Tanjung Gusta Sudah Kondusif yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment