Saturday, July 13, 2013

SBY Terima Pesan Pendek dari Napi Tanjung Gusta

SBY Terima Pesan Pendek dari Napi Tanjung Gusta

TEMPO.CO, Jakarta - mengklaim telah menerima pesan pendek ke telepon pribadinya dari seorang narapidana Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Sumatera Utara. Pesan ini justru lebih cepat diterima dari informasi menteri dan pejabat terkait mengenai situasi pasca-kerusuhan.

"Saya menghargai adanya pesan singkat ini. Intinya, dia justru meminta Pak SBY jangan salah menerima informasi," kata SBY saat membuka rapat kabinet terbatas di Base Ops TNI Angkatan Udara, Halim, Sabtu, 13 Juli 2013.

Dalam pesan pendek ini, menurut Presiden, narapidana tersebut menyampaikan bahwa masalah utama pemicu kerusuhan adalah putusnya akses listrik dan air di LP. Meski demikian, Presiden juga menyatakan memang ada informasi mengenai beberapa orang yang menjadi provokator sehingga masalah tersebut berujung kerusuhan dan pembakaran.

"Narapidana juga punya hak-hak dasar yang harus kita penuhi. Jangan kehilangan hak dasarnya meski dia narapidana," kata SBY.

Dalam rapat kabinet ini sendiri, Presiden akan meminta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin untuk menjabarkan penggunaan anggaran LP. Menurut Presiden, pemerintah selama ini sudah memberikan alokasi yang sangat besar untuk LP, yaitu sekitar Rp 1 triliun.

"Kita sudah anggarkan untuk meningkatkan kapasitas lapas, tujuannya supaya tidak terjadi seperti di Sumatera Utara kemarin. Saya tunggu laporannya anggaran itu untuk apa," kata Presiden.

Para narapidana LP Tanjung Gusta merusak, membakar, dan kabur pasca-kerusuhan pada 11 Juli lalu. Kerusuhan yang menyebabkan lima orang meninggal ini dipicu keresahan para narapidana akibat pembengkakan kapasitas serta berhentinya pasokan listrik dan air.

Rapat ini dihadiri Wakil Presiden Boediono, Menteri Koordinator Politik Hukum Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kepala Kepolisian Jenderal Timur Pradopo, Kepala Badan Intelijen Nasional Marciano Norman, Kepala Badan Urusan Logistik-Bulog Sutarto Alimuso, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Pertanian Suswono, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, dan Menteri Keuangan Chatib Basri.

FRANSISCO ROSARIANS

Berita Lain:

Arabian Night Foodfest 2013: Sajian Kuliner Turki

Ini Jalur Rawan di Tuban-Bojonegoro-Lamongan

Mana Tempat Duduk Paling Aman dalam Pesawat?

Abdul Syukur, Pribadi Sederhana Apa Adanya


anda membaca berita Nasional SBY Terima Pesan Pendek dari Napi Tanjung Gusta yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment