Tuesday, July 9, 2013

BKKBN: Peringatan Hari Kependudukan Ditujukan Bagi Remaja

BKKBN: Peringatan Hari Kependudukan Ditujukan Bagi Remaja

Jakarta (Antara) - Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Fasli Jalal mengatakan bahwa peringatan Hari Kependudukan Dunia yang jatuh setiap tanggal 11 Juli ditujukan bagi para remaja.

"Indonesia ikut memperingati Hari Kependudukan Dunia dan tema yang diangkat ditujukan bagi para remaja, mahasiswa, dan berbagai pihak terkait dengan pembinaan remaja atau pemuda," kata Fasli Jalal di Jakarta, Rabu.

Fasli menjelaskan, jumlah remaja di Tanah Air sangatlah besar, sehingga bisa menjadi potensi yang berharga bagi bangsa jika dibina dengan baik.

Sebaliknya, jika potensi besar tersebut tidak dibina dan dibiarkan berkembang ke arah yang negatif maka bisa menjadi beban bagi negara.

Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2010 jumlah remaja umur 10 hingga 24 tahun sangat besar yaitu sekitar 64 juta atau 27,6 persen dari jumlah total penduduk Indonesia.

Melihat jumlahnya yang besar, kata Fasli Jalal, maka remaja sebagai generasi penerus bangsa perlu dipersiapkan menjadi manusia yang sehat secara jasmani, rohani, mental dan spiritual.

Faktanya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa remaja mempunyai banyak permasalahan seiring dengan masa transisi yang dialami remaja.

"Masalah yang menonjol di kalangan remaja, yaitu seputar TRIAD KRR atau seksualitas, HIV, AIDS sta Napza," papar Fasli.

Karena itu, menurut dia, peringatan Hari Kependudukan Dunia merupakan salah satu momen yang tepat untuk mengatasi berbagai permasalahan remaja.

BKKBN sendiri, kata dia, telah mengembangkan program Generasi Berencana (GenRe) sebagai upaya untuk merespon masalah yang berkaitan dengan remaja.(rr)



anda membaca berita Nasional BKKBN: Peringatan Hari Kependudukan Ditujukan Bagi Remaja yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment