Monday, July 1, 2013

Norwegia Tandatangani Traktat Persahabatan ASEAN

Norwegia Tandatangani Traktat Persahabatan ASEAN

TEMPO.CO, BANDAR SERI BEGAWAN â€" Norwegia menegaskan tekad untuk memperluas kerja sama dengan 10 negara Asia Tenggara dengan menandatangani traktat  persahabatan dan kerja sama  Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam pertemuan di Brunei Darussalam, Senin, 1 Juli 2013.

Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide, mengatakan aksesi traktat tersebut merupakan »perpanjangan alamiah dari keterlibatan kami yang telah lama terjalin di kawasan dan komitmen kami terhadap multilateralisme.”

Selain itu, Eide juga mengumumkan inisiatif regional Norwegia-ASEAN senilai US$ 7 juta sebagai langkah awal keterlibatan dengan kawasan.

Traktat persahabatan dan kerja sama (Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia/TAC) adalah pakta kerja sama dan non-agresi antara negara-negara ASEAN dengan mitranya. Pertama kali ditandatangani oleh anggota  ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina tahun 1976. Negara mitra di luar ASEAN yang menandatangani TAC antara lain, Cina, India, Jepang, Amerika Serikat, Rusia,  Australia dan Uni Eropa.

Sepuluh anggota  ASEAN saat ini terdiri atas  Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar,  Filipina, , Singapura, Thailand and Vietnam.

XINHUA | NATALIA SANTI


anda membaca berita Internasional Norwegia Tandatangani Traktat Persahabatan ASEAN yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment