London (ANTARA News/AFP) - John Nott, salah seorang menteri dalam pemerintahan Margaret Thatcher (1979รข€"1990) memuji "penampilannya menarik, memesona dan percaya diri" dalam surat undur diri, yang ditulis bak surat cinta.

Nott menulis catatan pribadi itu saat mengundurkan diri dari jabatan menteri pertahanan dalam pemerintahan konservatif Thatcher pada 1983, dan surat tersebut kini dibuka kepada khalayak.

"Keberhasilan terbesar Anda sebagai perdana menteri, jika boleh saya katakan, adalah bahwa rekan saya menyukai Anda. Beberapa bahkan mencintai Anda, meski sedikit!" catatnya kepada Thatcher, yang meninggal pada April 2013 dalam usia 87 tahun.

Nott menorehkan, "Sungguh tidak bisa dimaafkan untuk mengatakan sekarang, tapi saya sesungguhnya mengagumi Anda sebagai seorang perempuan, penampilan Anda yang menarik, mempesona dan percaya diri selalu menarik bagi saya, sebagai seorang lelaki."

"Saya minta maaf, tapi apa salahnya! Saya rasa pendekatan emosional, naluriah dan tidak pragmatis untuk sebagian besar masalah, sangat tidak maskulin, adalah rahasia kesuksesan Anda di dunia politik yang didominasi laki-laki," tulisnya.

Nott mengungkap surat yang ditandatanganinya dengan "Love - John" itu dalam memoarnya, dan mengaku bahwa Thatcher tidak menjawab surat tersebut.

Thatcher merupakan perdana menteri Inggris terlama di Inggris Raya. Surat pribadinya sejak 1983 dipublikasikan oleh Yayasan Margareth Thatcher.

Nott (81 tahun) merupakan menteri pertahanan Inggris semasa Perang Malvinas pada 1982.
(Uu.S022/B002)