Jakarta, (ANTARA News) -  Jakarta Fashion Week (JFW) 2014 resmi dibuka hari ini di Senayan City, Jakarta, hingga 25 Oktober 2013, menampilkan beragam karya busana anak bangsa yang diharapkan dapat mendunia, sejalan dengan tema yang diangkat tahun ini yakni "Bringing Indonesia to The World".

"Perhelatan ini menjadi bagian penting untuk mengantarkan  industri  fesyen  Indonesia untuk menguasai  pasar  dalam  negeri  dan  memasuki  pasar  internasional,"  jelas Wakil  Menteri Perdagangan  RI  Bayu  Krisnamurthi  pada  pembukaan  JFW  2014, Sabtu.

Dalam siaran pers Kemendag disebutkan penyelenggaraan  JFW  2014,  juga bertujuan  untuk meningkatkan peranan industri fesyen yang bernilai tambah dalam membangun perekonomian bangsa.

JFW  2014  yang  mengangkat  tema “Bringing  Indonesia  to  The  W orld” diharapkan  dapat memberikan  kontribusi  dalam  pengembangan  fesyen, antara  lain menjadi  media  untuk melakukan pembinaan bagi pelaku fesyen dalam mengembangkan produknya, menjadi media penyampaian informasi seputar industri fesyen, termasuk dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan  tren mode,  menjadi  media jejaring  bisnis  antarkomunitas  fesyen  Indonesia,  serta menjadi media promosi  efektif  untuk  menampilkan  karya  terbaik  dari  desainer  Indonesia  sehingga  dapat dikenal lebih luas lagi baik di dalam maupun luar negeri.

"Fesyen  Indonesia memiliki  potensi  yang  sangat  besar  untuk terus dikembangkan dan menjadi pusat mode di kawasan regional, serta memainkan peranan penting  di  tingkat  global," ujar Wamendag.

Hal  tersebut,  lanjut Wamendag,  didukung  oleh kekayaan  budaya Indonesia sebagai sumber inspirasi yang tak terbatas bagi pelaku fesyen Indonesia untuk terus mengembangkan kreativita s dan inovasinya.

"Para  desainer Indonesia  diharapkan  tidak  lagi  hanya  mampu  menciptakan  koleksi  desain  yang  unik  dan berkualitas  tinggi,  namun  dari  sisi  pemasaran,  produk  fesyen  Indonesia  akan  mampu menyerap kebutuhan pasar lebih besar lagi," jelas Wamendag.

JFW 2014  merupakan  hasil  kerja sama  dan  kolaborasi Kementerian  Perdagangan,  Femina Group, dan banyak pihak  lain yang saling mendukung dan bersinergi menjadikan JFW sebagai salah  satu  fashion week terbesar  di  Indonesia  bahkan  di  Asia  Tenggara.

Wamendag  mengungkapkan JFW merupakan  salah  satu  barometer  pelaku  industri  fesyen  untuk dapat menentukan arahan desain, gaya, dan tren mode terkini.