Jakarta (ANTARA News) - Perancang Billy Tjong membawa nuansa Bali dalam kain-kain rancangannya di ajang Jakarta Fashion Week 2014, Kamis malam.

Melalui koleksinya, Billy ingin menghadirkan busana yang terinspirasi dari pelukis Belanda Rudolph Bonnet yang membuat karya tentang masyarakat Bali di masa lampau.

Kali ini, perancang yang memenangkan beragam perlombaan seperti Concours International des Jeunes Creatures de Mode (2003) itu memadukan teknik fotografi dan mode untuk menghadirkan potret Bali saat ini dalam koleksi "Leven" yang berarti "kehidupan" dalam bahasa Belanda.

Billy mengemukakan banyak perubahan yang diterapkannya kali ini sehingga koleksi "Leven" berbeda dari karyanya sebelumnya. Baik itu dari soal warna hingga siluet.

"Saya ambil warna dari lukisan Rudolph yang cenderung kusam seperti monokromatik, sephia, hijau telur asin, pink pale, dusty pink. Biasanya saya pakai warna strong, jadi ini di luar kebiasaan," tutur Billy semalam.

Sebanyak 20 koleksi Billy terbagi dalam tiga dominasi warna, yaitu putih, hitam, dan warna cerah. Dia mengusung garis sederhana dengan gaun bersiluet A line dan H line, gaun berpotongan lurus, loose tube dress, rok panjang dan blazer yang diwarnai nuansa Bali lewat motif printing lewat fotografi dan lukisan cat air karya Billy.

"Kali ini aku juga banyak baju berpotongan loose, biasanya kan bajuku banyak yang ketat dan terbuka. Sekarang saya membebaskan wanita dari keketatan itu," imbuhnya.

Dia menyajikan potret dan lukisan para penari Bali, wanita Bali, hingga penari kecak di bahan dasar busananya yang menggunakan kain bertekstur ringan seperti satin, tweed, organdi, dan chiffon.