Jakarta (ANTARA News) - Puluhan ribuan orang dapat diselamatkan setiap tahunn bila mereka mau beranjak dari sofa dan merentangkan kaki dengan lebih sering.

Ramblers and Macmillan Cancer Support, dalam laporannya berjudul "Walking Works" mengatakan jalan-jalan adalah aktivitas cuma-0cuam namun dapat memperbaiki kondisi kesehatan seseorang.

Menjadi aktif secara fisik tidak hanya bisa menurunkan kemungkinan terkena penyakit jantung dan stroke, tapi juga memperbaiki kondisi dari penyakit lain yang tengah diderita seseorang, seperti diabetes, alzheimer dan kanker, demikian BBC News.

Pekan lalu, penelitian British Medical Journal menunjukkan gerak badan sama baiknya dengan obat untuk beberapa penyakit semisal jantung, sedangkan studi lain menunjukkan jalan-jalan sekurangnya satu jam per hari mampu menurunkan risiko penyakit jantung secara signif ikan.

Laporan terbaru di Inggris menyatakan jika setiap orang melakukan gerak badan selama 150 menit dalam setiap minggu, maka akan menyelamatkan 37 ribu jiwa per tahun, mencegah 6.700 kasus kanker payudara, mencegah 4.700 orangĂ‚  terkena kanker kolorektal, menyebabkan hampir 300 ribu lebih sedikit kasus diabetes tipe 2.

"Kemalasan adalah epidemik di seluruh dunia yang harus diatasi sekarang sebelum terlalu terlambat," kata Ciaran Devane, kepala eksekutif Macmillan Cancer Support.