Jakarta (ANTARA News) - Pengarang buku "God, Do You Speak English?" Jeff Kristianto mendaftar sebagai sukarelawan di Tajikistan lewat Voluntary Service Overseas (VSO) gara-gara bosan menjadi pengusaha kerajinan.

"Waktu itu saya sudah sangat jenuh setelah menggeluti usaha kerajinan tangan atau handy craft di Bali selama 12 tahun, saya butuh break dan pada saat itu saya mendaftar di Voluntary Service Overseas (VSO)," kata Jeff Kristianto saat berbicara dalam diskusi bedah buku yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) di Jakarta, Selasa.

Kisah unik Jeff yang menginspirasi dituangkannya dalam buku "God, Do You Speak English?".

Buku tersebut menceritakan bagaimana orang-orang seperti Jeff berani meninggalkan kemapanan kerja untuk menjadi sukarelawan (volunteer) pada sebuah masyarakat di s ebuah negara asing.

Pada awalnya, Jeff mendapat reaksi beragam dari keluarga dan teman-temannya mengatakan mengapa memilih bekerja dengan gaji kecil di negara antah berantah alih-alih Eropa dan Amerika.

"Namun begitu saya tahu saya bisa membantu masyarakat di sana untuk mengetahui potensi mereka dan bangkit dari keterpurukan, saya jadi merasa sangat beruntung," kata Jeff.

Selain itu, Jeff mengatakan jadi lebih sayang keluarga setelah hampir dua tahun ditempatkan di Khijand, kota kecil di bagian utara Tajikistan karena di sana masyarakatnya selalu menomorsatukan keluarga.

"Meski menjadi sukarelawan dan dibayar dengan gaji kecil, saya mendapat pelajaran berharga di mana saya jadi lebih dekat dan sayang keluarga saya di Indonesia," katanya.

Selain Jeff yang memaparkan kisahnya menjadi sukarelawan dengan membantu para perajin Tajikistan, Glory Sunarto juga berbagi cerita pada malam itu.

Glory menjadi sukarelawan VSO asal Indonesia angkatan ked ua, dengan penempatan di Ghana.

Dengan latar belakang pendidikan Hubungan Internasional, Glory bekerja membantu di Departemen Pertanian Ghana.

"Dengan bekerja membantu orang lain tidak hanya baik untuk orang yang kita bantu, tapi juga baik bagi diri kita sendiri," kata Glory.

Jika tertarik mengikuti jejak Jeff dan Glory dengan menjadi sukarelawan, kisah mereka bisa dibaca di buku "God, Do You Speak English?" atau website www.indonesianvolunteer.wordpress.com.