Jakarta (ANTARA News) - Ratusan peserta beradu menampilkan kostum terbaik dalam Lomba KostuMasa kategori individu di HelloFest 9 Anima Expo yang digelar di kompleks kolam renang, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Mereka unjuk kemampuan untuk berdandan semirip mungkin dengan tokoh pahlawan super, bahkan tokoh antagonis.

"Kita mengenal banyak kostum-kostum yang ada dan menjadi idola remaja maupun orang dewasa. Di HelloFest, kami memperlombakan kostum yang ada kaitannya dengan Jepang," kata Panitia Lomba KostuMasa, Dian Ernawati di sela-sela lomba Kostumasa.

Lomba ini tidak hanya diikuti kawula muda dari Jakarta, tetapi juga dari Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

"Untuk hari ini, akan diikuti oleh 120 peserta kategori individu. Sedangkan untuk seluruh kategori, individu dan tim berjumlah kurang lebih 1.000 orang," kata Dian.

Salah seorang peserta lomba KostuMasa, Arme Amai, mengenakan kostum salah satu karakter dalam game Dekaron, Aloken.

"Untuk persiapan lomba, saya butuh waktu dua bulan untuk membuat kostum. Saya membuat sendiri kostum ini yang diambil dari game online," kataArme

Sementara itu, Reza Yunanto, menampilkan kostum yang disebutnya "Wanag Ibli Gaca", yakni perpaduan antara kostum Gatot Kaca dan karakter animasi Jepang.

Lain lagi dengan Ilham yang menampilkan kostum Kamen Rider V3, pahlawan bagi anak-anak di tahun 80-an.

"Kamen Rider adalah superhero yang patut dicontoh. Sebab dia membela kebenaran tanpa pamrih. Lalu menghilang secara tiba-tiba," kata Ilham yang juga ilustrator itu.