Tuesday, July 2, 2013

Warga Butuh Hunian Cepat, PKPU Bangun Rumah Senyum

Warga Butuh Hunian Cepat, PKPU Bangun Rumah Senyum

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Guncangan gempa beruntun yang terjadi dua kali melanda Lombok Utara pekan lalu menyisahkan kesedihan yang mendalam bagi korban.

Kendati masih dalam fase tanggap darurat yang tentu perlu pemenuhan kebutuhan dasar berupa  makanan dan perlengkapan rumah tangga, pengungsi yang sebagian besar mengalami kondisi rumah rusak parah saat ini sangat membutuhkan perlindungan.

Seperti yang terjadi di Desa Sangar Sari Kecamatan Tanjung banyak warga yang semula mengungsi berangsur balik ke reruntuhan rumah masing-masing.

"Saat ini mereka membutuhkan bantuan untuk pembangunan rumahnya," tutur Suharjonidari dari  Disaster Risk Management (DRMPKPU Pusat kepada Tribunnews, Selasa (2/7/2013).

Menghadapi situasi ini, pihaknya selaku lembaga sosial berinisiatif membangun rumah senyum di dua dusun Lokonkong dan dusun Sigar Penjalin.

"Kami hanya menggunakan material di sekitar lokasi terdampak. Mulai dari batu kerikil, pasir, kayu bahkan atap yang semua dapat tersedia dengan cepat," katanya.

Khusus rumah senyum yang mulai dibangun di dua dusun ini nantinya akan dijadikan sebagai rumah contoh (pilot project) bagi kawasan lainnya sesuai dengan kearifan lokal khas Lombok. Pembangunan ditargetkan selesai dalam 4 hari sejak pengadaan material. Diharapkan sebelum masa 2 pekan setelah gempa terjadi warga sudah bisa menempati hunian ini masing-masing.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Warga Butuh Hunian Cepat, PKPU Bangun Rumah Senyum yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment