Sunday, July 7, 2013

Tujuh Ketentuan Pokok Konvensi Demokrat

Tujuh Ketentuan Pokok Konvensi Demokrat

TEMPO.CO , Jakarta:Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memaparkan . Tujuh ketentuan ini diklaim menjadi jawaban bagi masyarakat mengenai keseriusan penyelenggaraan konvensi partai tersebut.

"Pertama tentang sistem konvensi yang digelar semi terbuka, berarti calon bisa dari luar kader demokrat, dilaksanakan secara transparan dengan mengikutsertakan partisipasi rakyat," kata Yudhoyono saat menggelar konferensi pers di Hotel Darmawangsa, Ahad, 7 Juli 2013.

Ia mengklaim, konvensi akan melibatkan rakyat dalam pemilihan dan penetapan pemenang. Hal ini diklaim juga sebagai penegasan, tidak akan ada penyisihan peserta konvensi di tengah proses, kecuali peserta tersebut mengundurkan diri.

Ketentuan kedua adalah perihal organisasi konvensi yang akan dikelola sebuah komite yang bertugas menyelenggarakan semua kegiatan konvensi dan seleksi. Pimpinan dan keanggotaan komite, menurut Yudhoyono adalah kolaborasi antara tokoh Partai Demokrat dan tokoh independen.

"Komite konvensi akan bertanggung jawab kepada Majelis Tinggi Partai Demokrat," kata Presiden Yudhoyono.

Ketiga, ia menyatakan, peserta konvensi harus memenuhi syarat yang disampaikan. Komite secara aktif juga akan menjaring calon yang cocok atau eligebel sebagai kandidat konvensi. Setiap kandidat akan diminta untuk menandatangani kode etik pelaksanaan konvensi."Komite akan memberikan sanksi jika kandidat melanggar kode etik," kata dia.

Pada poin keempat, Yudhoyono memaparkan perihal kegiatan dan proses konvensi yaitu pengenalan kandidat kepada masyarakat, wawancara dengan media, dan debat antarkandidat. Seluruh kegiatan ini digelar Komite. Meski demikian, kandidat dapat melaksanakan kegiatan konvensi di luar penyelenggaraan komite, tetapi harus tetap sesuai ketentuan konvensi.

Perihal waktu dan tahapan konvensi akan berlangsung selama delapan bulan mulai September 2013 sampai April 2014 dalam dua tahap pelaksanaan. Tahap pertama digelar pada September-Desember 2013 yang melaksanakan seluruh kegiatan konvensi kecuali debat antarkandidat.

Sedangkan tahap kedua yaitu Januari sampai April 2014, seluruh kegiatan dilaksanakan termasuk debat antarkandidat. "Komite konvensi akan menentukan nama peserta konvensi pada akhir Agustus 2013," kata Yudhoyono.

Mengenai biaya dan pendanaan konvensi, Ketua Majelis Tinggi ini memaparkan, kandidat tidak dipungut biaya untuk mengikuti kegiatan yang digelar Komite. Ia mengklaim seluruh biaya ditanggung panita konvensi dan berasal dari sumber yang sah serta halal. "Sedangkan biaya di luar konvensi yang dilakukan kandidat, biaya dari kandidat itu sendiri dan harus dari sumber yang sah dan halal."

Terakhir, perihal penentuan pemenang konvensi akan diumumkan pada Mei 2014. Pemenang konvensi didasarkan pada hasil survei, bukan oleh kader Partai Demokrat melalui voting di level Dewan Pimpinan Pusat, Dewan Pimpinan Daerah, dan atau Dewan Pimpinan Cabang.

Survei ini akan dilakukan dua kali oleh tiga lembaga survei independen dan kredibel. "Hasil survei akan diumumkan ke publik secara transparan oleh panita konvensi," kata Yudhoyono.

FRANSISCO ROSARIANS

Terhangat:

Karya Penemu Muda| | ||

Baca Juga:

Sopir Bus Kembali Blokir Tol Jagorawi

Rilis Lagu PKS, Sefti Sanustika: Saya Cari Nafkah

Tasikmalaya Resmi Buka Sekolah Penerbangan

Istri Ultah, SBY Kasih Selamat Via Twitter

Demokrat: Facebook SBY Bukan Strategi Politik


anda membaca berita Nasional Tujuh Ketentuan Pokok Konvensi Demokrat yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment