Tuesday, July 2, 2013

Presiden Mesir Katakan Tak Ada Pengganti bagi Keabsahan

Presiden Mesir Katakan Tak Ada Pengganti bagi Keabsahan

Kairo (Antara/Xinhua-OANA) - Presiden Mesir Mohamed Moursi pada Selasa larut malam (2/7) mengatakan takkan ada pilihan lain bagi keabsahan dan ia akan tetap memangku jabatan, di tengah perpecahan politik di negerinya, tempat oposisi dan kaum liberal memintah dia mundur.

Di dalam pidato melalui televisi, Moursi mengatakan hanya "keabsahan konstitusional" bisa menjamin bahwa takkan ada pergolakan sipil, dan mendesak rakyat Mesir agar tidak menyerang militer dan polisi.

Sebelum pidatonya, Moursi meminta militer mencabut ultimatum yang diumumkan sehari sebelumnya.

"(Ia) menyeru Angkatan Bersenjata agar mencabut peringatan mereka dan menolak didikte dari dalam maupun luar," demikian isi posting di laman resmi Moursi di Twitter, sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu.

Pada Senin, militer Mesir menetapkan tenggat 48 jam bagi semua pihak untuk menyelesaikan konflik mereka sebelum memberlakukan peta jalan yang diawasi militer bagi masa depan negara yang dilanda kerusuhan tersebut.

Di dalam pidato larut malamnya, yang berlangsung sekitar 45 menit dan cuma pengulangan pernyataannya sebelumnya, Presiden yang diguncang protes itu kembali mengatakan ia memangku jabatan melalui pemilihan presiden secara bebas, dan menekankan "revolusi" 2011 berjalan damai.

Ia kembali menyatakan ia telah membuat kekeliruan, dan keadaan telah menjadi makin jelas setelah tahun pertamanya di kantor --sesuatu yang telah ia katakan di dalam pidato pada Rabu lalu, sebelum protes besar 30 Juni untuk menentang dia.

"Saya ingin Mesir memiliki keinginannya sendiri, agar tak seorang pun mendikte apa yang mesti dilakukan ... ada orang di luar negeri yang tak ingin Mesir memiliki keinginannya sendiri. Mudah jika cuma untuk mendengarkan instruksi," kata Moursi.

Sementara itu ia menuduh sisa mantan rejim menghalangi masa peralihan demokrasi di Mesir.

"Rejim lama tak mengingini demokrasi. Mereka terbiasa dengan pemilihan umum curang," kata Moursi, yang menambahkan, "Mereka tidak tahu apa itu demokrasi atau kebebasan menyampaikan pendapat."


Presiden Mesir tersebut mengatakan ia sangat peduli bahwa rakyat Mesir tidak terpecah. "Saya akn berpegang teguh melawan siapa pun yang menumpahkan darah mereka."


Dengan tangan terkepal, Presiden Moursi berkata, "Pesan saya kepada kalian semua, kepada oposisi, ialah saya akan berpegang pada keabsahan ini. Jangan biarkan revolusi dicuri dari kalian, oposisi dan pendukung."(tp)


anda membaca berita Internasional Presiden Mesir Katakan Tak Ada Pengganti bagi Keabsahan yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment