Wednesday, July 3, 2013

Prancis Bantah Sengaja Blokir Pesawat Eva Morales

Prancis Bantah Sengaja Blokir Pesawat Eva Morales

TEMPO.CO, Paris - Drama diplomatik mewarnai kepulangan Presiden Bolivia Eva Morales dari Eropa. Pesawat yang membawanya dialihkan dan ditunda keberangkatannya dari Austria di tengah rumor kalau dia bakal 'menyelamatkan' pembocor rahasia NSA, Edward Snowden, dan membawanya ke Amerika Latin.

Hal ini menyebabkan pejabat Bolivia berang dan menuntut penjelasan dari berbagai negara Eropa yang turut andil menggagalkan penerbangan Presiden Evo Morales.

Pagi ini, para pejabat Prancis membantah bahwa negara ini menolak untuk membiarkan pesawat menyeberang wilayah udaranya di tengah kecurigaan bahwa Spanyol juga mengatakan, pesawat ini bebas untuk menyeberangi wilayahnya.

Pesawat yang membawa Morales dari Moskow dialihkan ke Austria Selasa malam 2 Juli 2013. Pesawat itu baru bertolak lagi dari Wina sebelum tengah hari Rabu 3 Juli 2013.

Baik pejabat Bolivia maupun Austria mengatakan Snowden tidak berada di dalam pesawat Morales, yang meninggalkan Moskow pada Selasa 2 Juli 2013, setelah pertemuan puncak KTT produsen gas.

Snowden diyakini berada di area transit Bandara Moskow, dan tengah mencari suaka dari setidaknya 21 negara.

Duta Besar Bolivia untuk PBB, Sacha Llorenti. berbicara di Jenewa Rabu 3 Juli 2013, bersikeras bahwa beberapa negara Eropa menolak memberi izin untuk pesawat terbang yang membawa presidennya melintasi wilayah udara mereka. Ia menyatakan penolakan itu adalah "tindakan agresi" dan bahwa Prancis, Portugal, Spanyol dan Italia melanggar hukum internasional.

Llorenti mengatakan "perintah itu datang dari Amerika Serikat" tapi negara lain telah melanggar kekebalan hukum seorang presiden dari negara berdaulat. 

Para pejabat Bolivia mengatakan bahwa Perancis, Portugal, dan Italia memblokir pesawat terbang di atas wilayah mereka didasarkan pada rumor tak berdasar tentang Snowden. Bolivia mengatakan Spanyol setuju untuk mengizinkan pesawat untuk mengisi bahan bakar di Kepulauan Canary - tetapi hanya jika pemerintah Bolivia setuju pesawatnya diperiksa.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri Perancis Philippe Lalliot mengatakan bahwa pesawat Morales memiliki otorisasi untuk terbang di atas Perancis. Pejabat Prancis tidak berkomentar mengapa pejabat Bolivia mengatakan sebaliknya.

AP | TRIP B

Topik Terhangat:

Tarif Progresif KRL | |

Berita Terpopuler:

PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!' 

Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi

Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo

Suswono: Bodohnya Pengusaha Bisa Dibohongi AF

Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square 


anda membaca berita Internasional Prancis Bantah Sengaja Blokir Pesawat Eva Morales yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment