Monday, July 8, 2013

Pilot Asiana yang Jatuh Belum Lama Terbangkan Jet  

Pilot Asiana yang Jatuh Belum Lama Terbangkan Jet  

TEMPO.CO, San Fransisco - Asiana Airlines Inc mengatakan pilot yang bertugas dalam pendaratan Boeing 777 yang jatuh di Bandara San Francisco pada hari Sabtu baru saja mengikuti pelatihan untuk pesawat jarak jauh. Penerbangannya kali ini adalah penerbangan pertama ke bandara itu dengan pesawat bermesin jet.

"Itu penerbangan perdana Lee Kang-kook dengan jet. Dia dalam pelatihan," kata seorang juru bicara Asiana Airlines pada hari Senin. Di maskapai ini, bahkan veteran penerbang pun tetap harus mengikuti pelatihan.

Pesawat itu diketahui terbang dengan kecepatan rendah. Pilot berusaha membatalkan pendaratan hanya beberapa detik sebelum menabrak tembok di depan landasan pacu.

"Dia memiliki banyak pengalaman dan sebelumnya pernah menerbangkan pesawat ke San Francisco dengan pesawat yang berbeda, termasuk Boeing 747 ... dan ia dibantu oleh pilot lain yang memiliki lebih banyak pengalaman dengan 777," kata juru bicara itu.

Lee, yang memulai kariernya di Asiana sebagai pilot magang pada 1994, memiliki 9.793 jam terbang, tetapi hanya 43 jam dengan pesawat jet Boeing 777. Co-pilot Lee Jeong-min, yang memiliki 3.220 jam dengan Boeing 777 dan total 12.387 jam terbang, membantu Lee Kang-kook selama pendaratan, kata juru bicara itu.

Ketua Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS, Deborah Hersman, mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah kesalahan pilot atau kegagalan mekanik yang harus disalahkan dalam insiden ini. Namun, ia mengakui tidak ada bukti masalah dengan penerbangan atau pendaratan sampai tujuh detik sebelum insiden, ketika para kru mencoba untuk meningkatkan kecepatan pesawat dan pesawat merespon secara normal. Menara kontrol sempat disebut tidak waspada terhadap masalah pesawat.

Saksi mata mengatakan pesawat pada hari Sabtu, tampaknya pesawat terbang terlalu rendah saat mendekati landasan pacu, menyentuh tanah sebelum kemudian tampak terpelanting.

CEO Asiana mengatakan pada Sabtu bahwa ia tidak percaya kecelakaan fatal itu  disebabkan oleh kegagalan mekanik, sama halnya mereka menolak jika kecelakaan disebut-sebut akibat kelalaian pilot.

REUTERS | TRIP B


anda membaca berita Internasional Pilot Asiana yang Jatuh Belum Lama Terbangkan Jet   yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment