Thursday, July 4, 2013

Pengikut Kejawen Aboge mulai puasa Rabu 10 Juli

Pengikut Kejawen Aboge mulai puasa Rabu 10 Juli

MERDEKA.COM. Pengikut Kejawen Alif Rebo Wage (Aboge) mulai puasa hari Rabu (10/7). Kepastian tersebut diungkapkan juru bicara adat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Banyumas, Sumitro.

"Dalam perhitungan Kejawen Aboge, dipastikan awal puasa mulai dilaksanakan pada hari Rabu dengan pasaran Kliwon," katanya, Kamis (5/7).

Dia menjelaskan, dalam setiap tahun penentuan awal puasa pengikut Kejawen Aboge selalu berbeda dengan pemerintah. "Penentuan awal puasa bagi pengikut Kejawen Aboge, biasanya selalu berbeda sehari setelah ketentuan pemerintah," ujarnya.

Tahun ini, lanjutnya, bagi pengikut Kejawen Aboge masuk tahun Jim Akhir. Sehingga perhitungan awal puasa dan syawal bergantung pada penentuan hari dan pasaran pada awal tahun di bulan Sura.

"Masuk tahun Jim Akhir, bulan Sura jatuh pada hari Jumat Wage. Kemudian penentuan bulan puasa berpatokan pada hitungan Sanemro (Puasa enam loro). Enam yang dimaksud adalah hari keenam setelah Jumat dan loro adalah pasaran Jawa kedua setelah Wage yakni, Kliwon," jelasnya.

Dalam kepercayaan Aboge, dipercayai perhitungan berdasarkan delapan tahun atau sewindu.

"Sedangkan, penentuan bulan Puasa dalam perhitungan Aboge, tidak bergantung pada bulan seperti tahun hijriyah," ucapnya.

Sumber:

anda membaca berita Nasional Pengikut Kejawen Aboge mulai puasa Rabu 10 Juli yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment