Monday, July 8, 2013

Pengamat: Dikotomi Capres Jawa-Nonjawa Tidak Relevan

Pengamat: Dikotomi Capres Jawa-Nonjawa Tidak Relevan

Yogyakarta (Antara) - Dikotomi calon presiden dari Jawa dan non-Jawa sudah tidak relevan lagi untuk menentukan kemenangan pada Pemilihan Umum 2014, kata pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Ari Dwipayana.

"Kalau dulu capres (calon presiden) dari luar Jawa selalu diprediksikan memiliki peluang kecil untuk menang, saat ini sudah tidak lagi," kata Ari di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, dikotomi Jawa dan luar Jawa menjadi tidak relevan lagi, karena sebagian besar masyarakat saat ini telah lebih banyak melihat bukti nyata dari pada sekadar asal-usul capres.

Saat ini, kata dia, masyarakat sudah melihat faktor lain yakni kredibilitas serta kapabilitas capres sesuai rekam jejak yang dimiliki.

Dalam hal itu, menurut dia, faktor kejujuran serta keberpihakan terhadap rakyat menjadi faktor penting.

"Meskipun berdasar pada survei terakhir capres berasal dari Jawa masih lebih banyak, seperti Jokowi dan Prabowo, namun hal itu lebih didasarkan pada sisi kredibilitas calon," katanya.

Untuk membangun demokrasi yang sehat, menurut dia memang dikotomi capres Jawa dan non-Jawa sudah selayaknya dihilangkan. Sebab, selain tidak terkait dengan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, justru dapat berpotensi memicu disintegrasi.

"Walaupun pemilih dari Pulau Jawa bisa dikatakan lebih banyak dibanding daerah lainnya, namun sebaiknya orientasi memilih tetap harus didasarkan pada sisi objektivitas yang melekat pada capres," katanya.

Sehingga, dalam percaturan politik pada Pemilu 2014, menurut dia capres yang berasal dari Jawa maupun luar Jawa akan memiliki porsi yang sama dalam bersaing. (ar)


anda membaca berita Nasional Pengamat: Dikotomi Capres Jawa-Nonjawa Tidak Relevan yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment