Wednesday, July 3, 2013

Pemerintah Restorasi 17 Lukisan Raden Saleh

Pemerintah Restorasi 17 Lukisan Raden Saleh

TEMPO.CO, Magelang - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang merestorasi   karya lukis Raden Saleh yang kondisinya saat ini memprihatinkan. »Karena kondisinya memprihatinkan, kami memutuskan untuk melakukan restorasi,” kata Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, di komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Rabu 3 Juni 2013.

Dia mengatakan, itu tersebar di seluruh istana negara yakni di Jakarta, Bogor, Yogyakarta, dan Tapak Siring. »Restorasi lukisan Raden Saleh ini baru pertama kalinya dilakukan,” ujarnya. Restorasi tahap pertama dilakukan terhadap lima lukisan di Istana Bogor.

Proyek restorasi lukisan Raden Saleh itu »Restorator dari Jerman didatangkan sebab Indonesia belum memiliki tim ahli khusus,” ujarnya. Restorasi tahap pertama sudah berlangsung sejak 28 Juni 2013.  

Wiendu mengatakan restorasi lukisan Raden Saleh ini akan berlanjut dengan lukisan karya maestro pelukis Indonesia lain. Dia berharap pelaksanaan restorasi itu bisa dilakukan di pusat restorasi yang akan dibangun pemerintah. Selain itu, katanya, pemerintah akan menetapkan Hari Seni Rupa Indonesia berdasarkan hari wafatnya Raden Saleh. Pelukis kelahiran Semarang ini wafat di Bogor pada 23 April 1880.

Sementara itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga akan melakukan penetapan 20 cagar budaya baru. »Cagar budaya baru ini harus memiliki sertifikat penetapan. Ini penting bagi kami untuk melakukan pendampingan ke depannya,” kata Wiendu.

Wiendu  menambahkan pemerintah akan meluncurkan program online untuk membantu proses penetapan cagar budaya baru. Masyarakat pun, lanjutnya,  memiliki kesempatan untuk melaporkan cagar budaya baru yang ditemukan di daerahnya. »Ketika ada laporan dari masyarakat, kami tetap akan melakukan verifikasi untuk menentukan layak tidaknya penetapan cagar budaya di suatu wilayah,” ungkapnya.

OLIVIA LEWI PRAMESTI

Topik Terhangat:

Tarif Progresif KRL | |

Berita Terpopuler:

PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!' 

Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi

Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo

Suswono: Bodohnya Pengusaha Bisa Dibohongi AF

Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square 


anda membaca berita hiburan Pemerintah Restorasi 17 Lukisan Raden Saleh yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment