Wednesday, July 10, 2013

Pemda Riau Lanjutkan Operasi Pemadaman Kebakaran Lahan

Pemda Riau Lanjutkan Operasi Pemadaman Kebakaran Lahan

Jakarta (Antara) - Pemerintah Daerah Riau melanjutkan operasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan seiring dengan berakhirnya status tanggap darurat dan ditutupnya Pos Komando Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Asap Prov Riau.

"Penanggulangan bencana asap mengedepankan Pemda kabupaten dan kota. Pemda provinsi akan merapat apabila pemda kabupaten/kota membutuhkan bantuan," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu.

Tetapi, lanjut Sutopo, tidak tertutup kemungkinan pemerintah pusat kembali memobilisasi sumber daya yang ada untuk membantu penanggulangan bencana di provinsi.

Sutopo mengatakan, dalam mengantisipasi hotspot yang mungkin muncul kembali di Riau maupun provinsi lain di Sumatera, BNPB masih menyiagakan tiga helikopter Bolco dan satu Sikorsky.

"Satu pesawat Cassa untuk TMC juga masih stand by dan melakukan penaburan garam jika diperlukan," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, pertemuan yang membahas pengakhiran tugas posko satgas dilakukan di Lanud Roesman Nurjadin pada Rabu (10/7).

Sutopo mengemukakan, operasi penanggulangan bencana asap sangat efektif dan berhasil menurunkan jumlah hotspot dan pollutant standard index (PSI) atau kualitas udara membaik.

Pada tanggal 24 juni 2013, lanjut Sutopo, tercatat 256 titik api tersebar di Riau yang telah memberikan dampak kesehatan terhadap 15.000 lebih masyarakat setempat.

Selama operasi ini berlangsung, Sutopo menambahkan, terdapat sekitar 3.000 titik api yang berhasil dipadamkan dan satgas penegakan hukum menetapkan 24 tersangka termasuk 1 korporasi.

Sementara itu, kata Sutopo, Satgas udara membutuhkan 600 ribu liter air yang dibantu dengan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dalam pemadaman api dan asap.

Sutopo mengatakan, pantauan BMKG menyebutkan bahwa hotspot di wilayah Riau nihil dan cuaca sudah normal dan Citra satelit NOAA-18 juga tidak mendeteksi adanya hotspot pada hari ini.(fr)


anda membaca berita Nasional Pemda Riau Lanjutkan Operasi Pemadaman Kebakaran Lahan yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment