Tuesday, July 9, 2013

Musim Lebaran Karyawan PT KAI Dilarang Cuti

Musim Lebaran Karyawan PT KAI Dilarang Cuti

Laporan Wartawan Warta Kota, Bintang Pradewo

TRIBUNNEWS.COM â€" Selama arus mudik Lebaran 2013 dan arus balik Lebaran 2013, PT KAI tidak memperbolehkan para karyawannya untuk melakukan cuti.

Tak hanya itu, para karyawan juga diwajibkan turun langsung ke lapangan untuk membantu masyarakat. Selain para karyawan, PT KAI juga meminta pihak kepolisian dan Pemda di setiap daerah untuk ikut membantu memantau perlintasan kereta.

"PT KAI juga menyiapkan juru tilik jalan ekstra. Tugas juru tilik jalan ekstra ini memeriksa kondisi lintasan sebelum dilewati kereta. Mereka akan bekerja di siang dan dini hari," kata Kepala Humas PT KAI Sugeng Priyono kepada wartawan di Stasiun Beos, Jakarta Barat, Selasa (9/7/2013).

Untuk mengantisipasi gangguan teknis yang terjadi, PT KAI juga menyiapkan AMUS (alat material untuk siaga). Amus yang disiapkan seperti batu balas, karung berisi pasir, bantalan bekas dari kayu, hingga perayang atau jembatan darurat.

"AMUS ini ditempatkan di stasiun-stasiun yang rawan gangguan seperti banjir, longsor, untuk wilayah DAOP I di Cikampek sedangkan wilayah DAOP II di Purwakarta," katanya.

Selain AMUS, PT KAI masih membuka kemungkinan disiagakannya kereta cadangan jika terjadi gangguan pada kereta reguler. Namun pihaknya yakin semua kereta Lebaran 2013 dapat melayani penumpang dengan optimal.

"Jumlah tiket kereta yang tersisa untuk arus mudik saat ini sekitar 170 ribu dari total 526 ribu. Ini yang perjalanan dari Jakarta ya, kalau arus balik dari daerah ke Jakarta ya masih banyak," kata Sukendar Mulya, Kepala Humas PT KAI DAOP I.

Kursi yang tersisa ini mencakup KA Tambahan Komersial seperti Argo Lawu Lebaran, Gumarang Eksekutif, Gajayana Lebaran, Sancaka Lebaran, Lodaya Lebaran, Argojati, Cirebon Ekspres, Sawunggalih Lebaran.

Kursi tersisa pun mencakup KA Tambahan Non-Komersial seperti Tawang Jaya, Pasundan, Kutojaya Utara, Kutojaya Selatan, Matarmaja, Kertajaya, Mantab, Bengawan.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Musim Lebaran Karyawan PT KAI Dilarang Cuti yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment