Saturday, July 6, 2013

Mulyana-Amir Daulai Punya Rekam Persahabatan Panjang

Mulyana-Amir Daulai Punya Rekam Persahabatan Panjang

Laporan Wartawan Tribunnews, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-  Mantan anggota KPU, Mulyana W. Kusumah memiliki rekam persahabatan yang panjang dengan aktivis senior Amir Husin Daulay. Mulyana berkenalan dengan Amir saat masih aktif di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Keduanya kemudian semakin akrab dan intens bertemu karena sama-aktif di media Merdeka.

"Persahabatan saya dengan Amir itu panjang ceritanya. Mulai dari LBH pertengahan 80-an sampai sekarang. Terakhir itu kan saya bersama-sama Amir di grup Merdeka karena saya pemimpin redaksi kemudian mas Amir salah seorang redaktur seniornya," kisah Mulyana saat berbincang dengan Tribunnews, di rumah duka, Kampung Empu, Desa Setusari, Kecamatan Cilengsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (6/7/2013) malam.

Sejak bertemu hingga sekarang, lanjut Mulyana, sosok Amir tidak berubah. Amir tetap konsisten dengan garis perjuangannya. Dia memilih untuk tetap menjadi aktivis walau sebagian besar teman-temannya tak lagi segaris karena adanya perkembangan profesi, pekerjaan, dan zaman.

"Megang betul prinsip-prinsip perjuangan pada saat kita awal 80-an terus menjadi aktivis itu dipegang terus sampai meninggal. Ini kan sangat boleh dihitung dengan jari aktivis yang begini yang sebagian besar aktivis berubah karena perkembangan zaman, perkembangan posisi perkerjaan," kata Mulyana.

"Amir tidak berubah makanya memilih tinggal di sini. Bagi saya dan dia setelah meninggalkan masa-masa aktivis tahun 80-an sampai kejatuhan Soeharto, kemudian dia jadi guru bagi semua orang yang memberikan inspirasi gagasan, yang marahin dan menegur orang," kenang  bekas anggota Komisi Pemilihan Umum itu.

Setelah dokter memvonis Amir penyakit Sirosis, dia kemudian pindah jauh di pinggiran kota. Walau demikian, lanjut Mulyana, mereka tetap berkomunikasi via telepon seluler.

"Dia kan sekarang susah dijangkau karena keterbatasan fisik. Komunikasi lewat SMS (short message service)," tukasnya.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Mulyana-Amir Daulai Punya Rekam Persahabatan Panjang yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment