Friday, July 5, 2013

Morales Ancam Tutup Kedutaan Amerika Serikat  

Morales Ancam Tutup Kedutaan Amerika Serikat  

TEMPO.CO, Cochabamba - Presiden Bolivia Evo Morales memperingatkan dia bisa saja menutup Kedutaan Amerika Serikat di negerinya. Hal itu diungkapkan setelah Morales bertemu dengan pemimpin sayap kiri Amerika Selatan lainnya yang mendukung dirinya setelah insiden pengalihan penerbangan pesawat Morales dari Rusia pada Selasa, 2 Juli 2013 lalu.

Morales kembali menyalahkan Washington atas insiden itu. Dia menduga Amerika telah menekan negara-negara Eropa untuk menolak pesawatnya melintasi wilayah udara mereka pada Selasa lalu. Akibat pengalihan rute itu, pesawat yang ditumpangi Evo Morales harus mendarat di Wina, Austria. Dia menyebut hal ini sebagai pelanggaran atas hukum internasional. (Baca:

"Menjadi satu akan mengalahkan imperialisme Amerika. Kami telah bertemu dengan pemimpin partai saya dan mereka meminta kami untuk mengambil beberapa tindakan. Dan bila berlu, kami akan menutup Kedutaan Amerika Serikat," kata Morales. "Kami tak butuh Kedutaan Amerika Serikat."

Morales menyampaikan hal itu pada Kamis, 4 Juli 2013  saat pemimpin Venezuela, Ekuador, Argentina, dan Uruguay bertemu dengannya di Cochabamba, Bolivia, untuk mengatasi pertikaian diplomatik.

Pada akhir pertemuan, satu pernyataan dikeluarkan untuk menuntut jawaban dari Prancis, Portugal, Italia, dan Spanyol. Amerika Serikat tak ikut disertakan dalam pernyataan itu.

"Eropa melanggar peraturan," kata Presiden Venezuela Nicolas Maduro sesaat setelah tiba di Bandara Cochabamba. "Kami di sini untuk mengatakan pada Presiden Evo Morales bahwa dia bisa mengandalkan kami. Siapa pun yang memulai pertikaian dengan Bolivia berarti dia juga bertikai dengan Venezuela."

GUARDIAN|JULI HANTORO

Tarif Progresif KRL | |

Terpopuler:

Pengumuman SBMPTN Dimajukan 8 Juli

Ini Kronologi Jual-beli Tanah 'Wakaf' Hilmi

Keterangan Prajurit Kopassus Ucok Irasional

Fuad Bawazier Menentang Hanura Calonkan Hary Tanoe

Temuan Jenius di Balik Serial Lie to Me


anda membaca berita Internasional Morales Ancam Tutup Kedutaan Amerika Serikat   yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment