Wednesday, July 3, 2013

Lukisan Raden Saleh Direstorasi

Lukisan Raden Saleh Direstorasi

TEMPO.CO , Magelang:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merestorasi lukisan Raden Saleh. Restorasi akan dilanjutkan pada karya maestro lainnya.  Wakil Menteri Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wiendu Nuryanti mengatakan lukisan Raden Saleh sangat memprihatinkan di Istana Tampak Siring, Jakarta, Yogyakarta, serta Bogor.

»Karena kondisinya memprihatinkan, kami memutuskan merestorasi. Ini juga merupakan permintaan masyarakat,” kata Wiendu.  Restorasi yang baru pertama kalinya ini dilakukan pada lima lukisan di Istana Bogor.  Ada sebanyak 17 lukisan dari Raden Saleh di seluruh Istana.

Restorasi akan melibatkan retorator asal Jerman. Restorasi tahap pertama berlangsung Jumat, 28 Juni 2013. Dua restorator sudah didatangkan. Restorator dari Jerman didatangkan sebab Indonesia belum memiliki tim ahli khusus.

Wiendu mengatakan restorasi lukisan Raden Saleh akan berlanjut dengan lukisan karya maestro lain. Pihaknya pun berharap karya maestro lain nantinya akan bisa direstorasi di pusat restorasi profesional yang akan dibangun pemerintah.  Restorasi Raden Saleh ini juga akan ditindaklanjuti dengan penentuan Hari Seni Rupa Indonesia yang mengacu pada hari wafat Raden Saleh.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menetapkan 20 cagar budaya baru seperti naskah proklamasi, gunung Padang, dan lainnya. Wiendu mengatakan total cagar budaya baru yang tercatat sebanyak 65.108 buah.

OLIVIA LEWI PRAMESTI

Topik Terhangat:

Tarif Progresif KRL | |

Berita Terpopuler:

PAN Tolak RUU Ormas, 'Pecat Besan!' 

Ada SBY, Tepuk Tangan Meriahnya untuk Jokowi

Rumah Banyak, Satu yang Jadi Favorit Djoko Susilo


anda membaca berita hiburan Lukisan Raden Saleh Direstorasi yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment