Thursday, July 4, 2013

Kementan Jamin Pasokan Bahan Pangan Aman

Kementan Jamin Pasokan Bahan Pangan Aman

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pertanian menjamin pasokan bahan pangan aman untuk menghadapi puasa dan lebaran tahun ini. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadinya kekurangan bahan pangan.

Untuk periode puasa dan lebaran, ketersediaan pangan strategis tersebut berupa beras, gula pasir, minyak goreng, bawang merah, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging unggas dan telur unggas surplus.

"Beberapa komoditas, seperti beras dan bawang merah aman karena Juli-Agustus itu memasuki musim panen di beberapa daerah sentra. Pasokan gula pasir juga aman karena sudah memasuki musim giling," ujar Menteri Pertanian, Suswono di Kementerian Pertanian, Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Komoditas cabai merah juga akan mulai panen pada periode Juli-Agustus ini, dengan hasil sekitar 9 ribu ton. Sementara itu untuk komoditas daging sapi, stok sapi yang ada di APFINDO saat ini mencapai 141.862 ekor yang terdiri dari 110.362 ekor sapi impor dan 31.500 ekor sapi lokal, atau setara dengan 16,65 ribu ton daging.

Selain itu, Suswono mengatakan pelaku usaha juga telah memastikan dan menjamin pasokan bahan pangan aman untuk menghadapi puasa dan lebaran mendatang. Oleh karenanya Suswono meminta masyarakat untuk tenang dan tidak panik dalam menghadapi puasa dan lebaran yang akan segera tiba.

"Masyarakat kami minta jangan panik, stoknya cukup. Jangan karena panik kemudian memborong bahan kebutuhan pokok sebanyak-banyaknya, kalau panik malah akan membuat harga naik," katanya.

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Kementan Jamin Pasokan Bahan Pangan Aman yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment