Sunday, July 7, 2013

Jumhur Hidayat Didorong Buruh Ikut Konvensi Capres Demokrat

Jumhur Hidayat Didorong Buruh Ikut Konvensi Capres Demokrat

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Mohammad Jumhur Hidayat tiba-tiba mendapat dukungan dari Aliansi Serikat Pekerja dan Buruh Jawa Barat untuk menjadi capres, melalui konvensi Partai Demokrat yang pendeklarasiannya digelar di Gedung KONI Kota Bandung, Minggu (7/7/2013).  

Lebih seribu buruh dari tujuh perwakilan organisasi buruh menghadiri acara itu. Meski Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) tidak hadir dalam deklarasi dukungan itu, saat dihubungi via ponsel, ia mengatakan sangat berterima kasih.

Bahkan, Jumhur mengaku akan terus memerhatikan dan semakin memahami harapan kalangan buruh dan pekerja.

"Ini sesuatu yang mengharukan. Yang pasti, saya memang selalu bersama mereka. Saya juga memahami bahwa kaum buruh tidak mau lagi dikecil-kecilkan, seolah gerakan buruh hanya untuk mengurus hal terkait buruh. Tapi, mereka yakin, kaum buruh pun punya pemikiran yang bagus untuk bangsanya," kata Jumhur kepada Tribun Jabar (Tribun Network), Minggu sore.

Terkait persaingan kandidat presiden dalam konvensi capres di Demokrat, Jumhur tidak menjawab langsung. Dia hanya mengatakan bahwa konsolidasi serikat buruh dan pekerja di 11 provinsi di Indonesia menjadikannya semakin terpanggil untuk menjadi capres.

"Melihat semangat dan dukungan yang kuat dari mereka, saya juga menjadi semakin terpanggil berjuang bersama kaum buruh, dalam bentuk apapun dan dalam kesulitan apapun," tuturnya.

Ketujuh organisasi buruh yang mendeklarasikan Jumhur menjadi capres adalah Serikat Pekerja Nasional (SPN), Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo), Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SP TSK SPSI), Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI), Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992, dan Serikat Pekerja Otomotif Indonesia (SPOI).

"MJH pantas dicalonkan sebagai presiden untuk Pemilu 2014. Kami mendukung MJH sebagai capres melalui konvensi Partai Demokrat," ujar perwakilan Aliansi Buruh Jawa Barat Iwan Kusmawan, yang juga Ketua SPN.

Alasan dukungan, lanjut Iwan, karena Jumhur dinilai sebagai sosok yang layak memimpin Indonesia.

Apalagi, sejak menjabat sebagai kepala BNP2TKI, kinerja Jumhur dinilai cukup bagus. Jumhur juga dianggap sosok yang selalu memerjuangkan kesejahteraan buruh.

Jumlah suara dari kalangan buruh pun dinilai cukup kuat untuk pendukungan menuju Indonesia satu. Karena, buruh di Jawa Barat saja mencapai sekitar 500 ribu orang, belum ditambah keluarganya.

Setelah deklarasi, draft berisi dukungan disampaikan ke seorang pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Barat, Heriyanto.

"Tidak ada alasan bagi Demokrat Jawa Barat untuk tidak mengantarkan MJH dalam konvensi capres Partai Demokrat," tegas Iwan. (*)

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Jumhur Hidayat Didorong Buruh Ikut Konvensi Capres Demokrat yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment