Wednesday, July 10, 2013

Jamaah Sattariyah di Sumbar mulai puasa Kamis 11 Juli

Jamaah Sattariyah di Sumbar mulai puasa Kamis 11 Juli

MERDEKA.COM. Tak semuanya umat Islam di Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa di hari Rabu. Jamaah Tarekat Sattariah di Sumatera Barat, baru akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1434 Hijriah pada Kamis (11/7).

Ulama Tarekat Sattariyah, Tuanku Ali Imran mengatakan, keputusan tersebut ditetapkan setelah dilaksanakan tradisi melihat bulan yang dilangsungkan di Pantai Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, pada Rabu sore.

"Bulan memang terlihat dan diputuskan ibadah puasa akan dilakukan pada Kamis," kata Ali di Sumbar, Rabu (10/7).

Tradisi melihat bulan yang dilakukan Tarekat Sattariyah tidak memakai alat bantu. Pemantauan bulan hanya dilakukan dengan mata telanjang sesuai sunah Rasul.

"Berpuasalah kamu jika melihat bulan," katanya mengutip hadis Rasulullah.

Dengan adanya keputusan ini, jamaah Tarekat Sattariah yang berpusat di Kabupaten Padang Pariaman mulai melaksanakan salat tarawih mulai Rabu malam. Selain itu, penganutnya juga terdapat di Kabupaten Agam, Sijunjung dan Pesisir Selatan dengan total sekitar 20 ribu orang.

"Ibadah salat tarawih dilakukan 20 rakaat ditutup witir dengan tiga rakaat," kata Ali.

Ia menambahkan, belum dapat dipastikan jumlah bilangan puasa pada tahun ini. Untuk menentukan awal lebaran, jamaah tersebut kembali akan melakukan ritual bulan pada tanggal 29 Ramadan.

"Jika bulan terlihat, artinya esok harinya merupakan 1 Syawal dan puasa hanya 29 hari. Akan tetapi, jika bulan tidak terlihat, puasa akan digenapkan menjadi 30 hari," ujarnya.

Sumber:

anda membaca berita Nasional Jamaah Sattariyah di Sumbar mulai puasa Kamis 11 Juli yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment