Thursday, July 4, 2013

Isran Noor: Pengentasan Kemiskinan di Indonesia Belum Efektif

Isran Noor: Pengentasan Kemiskinan di Indonesia Belum Efektif

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah dinilai belum efektif mengentaskan kemiskinan di Indonesia.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Isran Noor, perlu pendekatan baru yang lebih cerdas dalam mengentaskan kemiskinan.

"Negara ini memerlukan pendekatan baru yang lebih cerdas, dalam menanggulangi dan mengentaskan kemiskinan di tengah masyarakat ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Kamis (4/7/2013).

Isran menyebutkan, setidaknya ada enam bidang usaha yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia, yaitu pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan laut dan darat, pertukangan, serta pariwisata.

"Untuk mendukungnya, dana pembangunan dari APBN atau APBD serta dana BUMN, sebagian besar harus diarahkan pada pembangunan infrastruktur dan pelatihan untuk enam bidang usaha tersebut," tuturnya.

Isran menilai, langkah pertama yang dilakukan adalah 'mendefinisikan' kemiskinan secara tepat.

"Yaitu menemukan sebab pokok terjadinya kemiskinan di Indonesia. Dari situ akan dapat menetapkan strategi dan pendekatan kebijakan yang tepat, disesuaikan dengan lingkungan geografis, budaya, dan sumber daya yang tersedia di masing masing daerah," urainya. (*)

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Isran Noor: Pengentasan Kemiskinan di Indonesia Belum Efektif yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment