Wednesday, July 10, 2013

Hasil Survei tak Halangi Demokrat Gelar Konvensi Capres

Hasil Survei tak Halangi Demokrat Gelar Konvensi Capres

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, Partai Demokrat tetap mengusung calon presiden (capres) lewat konvensi, untuk maju di Pemilu 2014.

Meskipun, dalam beberapa hasil survei, perolehan suara Partai Demokrat anjlok dan tidak melebihi 15 persen.

Menurut Syarief, hasil survei tidak akan menjadi penghalang partainya untuk melangsungkan proses konvensi, yang rencananya digelar pada Agustus mendatang.

"Meskipun sampai saat ini belum mencapai 15 persen, kami tetap optimistis Partai Demokrat mendapatkan 20 persen, sehingga dapat memunculkan capres dan cawapres sendiri," ujar Syarief saat ditemui wartawan usai menghadiri acara buka puasa bersama di kediaman Nurhayati Alie Assegaf di Condet, Jakarta Timur, Rabu (10/7/2013).

DPR saat ini sedang merevisi ulang RUU Pilpres, yang salah satunya mengatur syarat pencalonan presiden dengan presidential threshold (PT) 20 persen. Menurut Syarif, syarat PT 20 persen adalah yang terbaik dan tidak perlu direvisi.

"Kami optimistis. Mengenai konvensi yang akan dilangsungkan nanti, jumlah calon yang akan dijaring ada tujuh, yang akan berkomposisi 4 banding 3, yaitu 4 dari kader Demokrat, dan 3 orang dari kalangan umum," jelasnya.

Syarief memaparkan, untuk kalangan umum akan dijaring dari akademisi, pengamat, dan tokoh. Menurutnya, nama yang terkumpul akan diseleksi oleh dewan, dan selanjutnya disurvei untuk mengetahui tingkat kepopuleran di masyarakat.

Syarif menuturkan, pada September nanti yang merupakan acara inti konvensi, masyarakat akan mengetahui siapa calon yang diusung Partai Demokrat. (*)

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Hasil Survei tak Halangi Demokrat Gelar Konvensi Capres yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment