Saturday, July 6, 2013

Gempa 6,1 SR Guncang Mentawai

Gempa 6,1 SR Guncang Mentawai

TEMPO.CO, Jakarta -Gempa 6,1 Scala Richter mengguncang Pulau Pagai, Kepulauan Mentawai pada Sabtu 6 Juli 2013 pukul12:05:06 WIB. BMKG mencatat lokasi gempa pada 2.41 Lintang Selatan dan 100.26 Bujur Timur pada kedalaman 36 km. Lokasi gempa di bawah laut di tenggara pulau Pagai Selatan. Jarak episentrum dari Pagai 149 km

Gempa lumayan dirasakan warga di Pulau Pagai. Supri Lindra, warga Pulau Pagai mengatakan, guncangan gempa terasa mengayun sekitar 5 detik, dan membuat orang-orang lari keluar rumah. "Guncangannya lumayan kuat, tetapi tidak lama, kami lari keluar rumah," kata Supri Lindra.

Ia mengatakan, gempa berbeda dari gempa Oktober 2010 di Pulau Pagai yang berlangsung hingga 30 detik dan menyebabkan tsunami. "Tidak ada warga yang evakuasi menjauh pantai, karena gempanya tidak lama, dan dari berita BMKG kami mengetahui gempa tidak berpotensi tsunami," kata Supri Lindra.

Gempa tidak dirasakan di Pulau Sipora, pulau lainnya di Mentawai. "Saya tidak merasakannya, yang lain juga tidak terasa," kata Rapot Simanjutak, warga Tua Pejat, Pulau Sipora. Namun gempa dirasakan di Padang dan Kerinci, Provinsi Jambi.

FEBRIANTI

Topik terhangat:

EDISI KHUSUS | | | |


anda membaca berita Nasional Gempa 6,1 SR Guncang Mentawai yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment