Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar Malam Final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013 pada Rabu (3/7) pukul 19.00 WIB di Plaza Monas sisi timur, Jakarta Pusat.

Pemilihan Abang dan None merupakan ajang kompetisi bakat dan intelektualitas yang diselenggarakan setiap tahun dalam upaya melestarikan kebudayaan Betawi.

"Acara ini merupakan pencarian putra-putri terbaik sebagai Duta Wisata dan Budaya Jakarta. Sejauh ini, proses acara berjalan cukup lancar dan baik. Antusiasme para finalis terhadap rangkaian kegiatan sangat tinggi," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin.

Menurut Arie, ajang Pemilihan Abang dan None Jakarta tahun ini mengundang banyak peminat, yaituk sebanyak 1.854 peserta dari enam wilayah di ibukota, atau naik 21,06 persen dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1.467 peserta.

"Diharapkan kualitas pemenang tahun ini akan lebih baik dari pemenang tahun sebelumnya dan dapat menjadi citra positif untuk generasi muda yang ada di Jakarta," ujar Arie.

Arie menuturkan proses seleksi telah dilakukan di tahap wilayah kota/kabupaten hingga provinsi mulai 27 hingga 30 Juni 2013 dan menghasilkan sebanyak 18 pasang finalis.

"Abang dan None mengemban tugas untuk menjadi Duta Pariwisata dan Budaya, sehingga harus mampu mempromosikan pariwisata dan kebudayaan yang ada di Jakarta di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, juga sekaligus melakukan sosialisasi program-promgaram pembangunan di ibukota," tutur Arie.

Arie juga berharap para Abang dan None Jakarta 2013 benar-benar mencintai budaya Betawi, dari sejarahnya, keragamannya, keramahannya, keterbukaannya dan keunikannya, sehingga mampu menjadi perwakilan untuk menampilkan Jakarta yang sesungguhnya.

Arie menambahkan pada Malam Final Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013 akan digelar `Pesta Rakyat Pasar Gambir` yang berlangsung pada Rabu (3/7) di Monas mulai pukul 13.00 hingga 18.00 WIB.

Sesuai dengan tema Pemilihan Abang dan None Jakarta 2013, yaitu `Abang None di Pesta Rakyat Pasar Gambir`, pasar rakyat itu dibuka untuk umum dan setiap pengunjung dapat menikmati tampilan pasar rakyat khas Betawi, seperti kesenian dan kuliner khas Betawi.
(R027)