Tuesday, July 2, 2013

Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square  

Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square  

TEMPO.CO, Kairo - Serangan seksual oleh sekelompok pria yang menargetkan wanita dilaporkan meningkat selama protes anti-pemerintah Mesir di Tahrir Square, Kairo. Sebuah kelompok yang dibentuk untuk melindungi perempuan di lokasi itu menyatakan, sebanyak 46 kasus serangan telah terjadi sejak Minggu 30 Juni 2013. Korbannya hampir seluruhnya wanita demonstran.

Suasana menjadi lebih agresif pada malam hari. Demonstran berkumpul di Tahrir Square siang dan malam untuk memaksa pengunduran diri Presiden Mohammed Mursi.

Jenis serangan beragam, mulai dari sekadar meraba-raba hingga kekerasan fisik. "Banyak kasus adalah kasus parah yang memerlukan baik perawatan psikologis atau medis," kata salah satu anggota kelompok, Engy Ghozlan, pada Associated Press.

Kelompok itu mengatakan di akun Twitter-nya bahwa setidaknya 17 percobaan serangan seksual dilakukan di Tahrir Square pada Senin 1 Juli 2013, dan relawan campur tangan dalam delapan kasus di antaranya.

"Masalahnya adalah bahwa tidak ada polisi, sehingga tidak ada keamanan. Jika polisi mengamankan alun-alun kita tidak akan memiliki masalah seperti ini," kata Nabil Mitry, seorang pengunjuk rasa berusia 35 tahun.

Serangan seksual pernah dilaporkan juga selama demonstrasi menggulingkan pendahulunya Morsi, Hosni Mubarak, pada tahun 2011. Pelecehan seksual adalah hal umum di Mesir, tetapi frekuensinya semakin meningkat dan menyeruak hingga ke tengah-tengah demonstran.

Yang terbaru, seorang wanita Belanda diserang oleh sekelompok pria yang mengepungnya di lokasi itu pada Jumat 28 Juni 2013, kata para pejabat. Pada hari Senin lalu, Committee to Protect Journalists menyatakan wanita 22 tahun itu telah dipulangkan, mengacu pada pernyataan yang dikeluarkan oleh kedutaan besar Belanda di Kairo.

Seorang pejabat keamanan, yang berbicara dengan syarat anonim menyatakan  kejaksaan Mesir telah meluncurkan penyelidikan atas serangan itu.

Media Belanda melaporkan bahwa kementerian luar negeri telah mengkonfirmasi serangan itu tanpa memberikan rincian lebih lanjut. Laporan lain mengatakan wanita ini adalah pekerja magang di sebuah organisasi di Mesir dan pergi ke alun-alun untuk mengambil foto dari demonstran.

Staf kepresidenan Essam el-Haddad mengatakan telah menerima laporan tujuh kasus penyerangan seksual pada hari Jumat. Ia menyatakan tindakan itu murni kriminal dan bukan karena motivasi politik. "serangan seksual menjadi tanda keramaian di Tahrir Square berada di luar kendali," katanya.

Beberapa pengunjuk rasa mengatakan pemerintah telah membesar-besarkan klaim kekerasan seksual untuk mencoba mengusir pengunjuk rasa perempuan dan merusak reputasi oposisi.

AP | GUARDIAN | TRIP B

Topik Terhangat:

Tarif Progresif KRL | | |

Berita Terpopuler:

3 Insiden Memalukan Saat SBY di Akademi TNI

SBY Minta Video Wonderful Indonesia Distop

Beli Mobil, Ini Daftar Yang Wajib Dicek

Teman Wartawati Korban Perkosaan Bantah Polisi 

Gadis Cilik Ini Terkunci 2 Tahun di Lemari


anda membaca berita Internasional Demonstran Wanita 'Diraba-raba' di Tahrir Square   yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment