Tuesday, July 2, 2013

Buruh Sempat Tutup Kawasan Industri Pulogadung

Buruh Sempat Tutup Kawasan Industri Pulogadung

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ratusan buruh yang tergabung dalam Majelis Serikat Pekerja dan Buruh Indonesia (MPBI), melakukan sweeping di dalam Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (2/7/2013).

Aksi yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB, untuk menolak disahkannya Rancangan Undang-undang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dalam Rapat Paripurna DPR.

Sambil berorasi dan meneriakkan yel-yel menolak RUU Ormas, buruh gabungan dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), memasuki pabrik satu per satu, dan mengajak para buruh ikut berdemonstrasi.

Aksi ini sempat dihalau petugas keamanan pabrik. Namun, setelah bernegosiasi, buruh-buruh yang masih bekerja langsung keluar dan mengikuti mobil komando massa aksi.

"Sebelumnya, bersama massa buruh dari daerah lain, kami aksi di depan Gedung DPR. Setelah hasil voting di DPR memutuskan mengesahkan RUU Ormas, kami langsung bergerak kembali ke dalam kawasan, dan mengajak para buruh menutup kawasan ini," kata Ruli, koordinator aksi di Kawasan Industri Pulogadung.

Menurutnya, aksi serupa juga dilakukan serempak buruh dari MPBI di kawasan industri di berbagai daerah lain. Ini untuk menunjukkan keseriusan buruh menolak RUU Ormas.

"Setelah disahkan, Presidium MPBI memutuskan dan menginstruksikan para buruh untuk menutup semua kawasan, seperti di Bekasi, Cikarang, Tangerang, Karawang, Purwakarta. Itu untuk kawasan industri di sekitar Jabodetabek. Instruksi ini juga dilakukan di seluruh kawasan industri di daerah lain," tuturnya. (*)

Baca Juga:


anda membaca berita Nasional Buruh Sempat Tutup Kawasan Industri Pulogadung yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment