Wednesday, July 3, 2013

Bolivia: Kami Tak Menampung Snowden

Bolivia: Kami Tak Menampung Snowden

TEMPO.CO, Wina-Pesawat Presiden Bolivia Evo Morales yang terpaksa mendarat di Austria karena diduga membawa buron pembocor program spionase AS Edward Snowden menimbulkan kemarahan. Kemarahan tak lain datang dari pejabat pemerintahan Bolivia. (Baca: )

Dilansir dari situs berita Reuters, salah satu pejabat negara yang meluapkan kemarahannya adalah Menteri Luar Negeri David Choquehuanca. Ia kesal kepada pihak Prancis dan Portugal yang melarang pesawat Bolivia melintas di zona penerbangan mereka tanpa mengecek dulu kebenaran dugaan itu. Snowden sendiri sudah dipastikan tak ada di pesawat Bolivia

"Kami tak tahu siapa yang membuat kabar (Snowden di pesawat Bolivia) ini, tapi ini kebohongan besar. Ini perlu diketahui komunitas internasional," ujar David, 3 Juli 2013.

Kemarahan serupa juga dilayangkan oleh Menteri Pertahanan Ruben Saavedra. Ia berkata, peristiwa pesawat Bolivia yang tak bisa melintas itu adalah hasil dari sikap semena-mena dari pemerintah AS.

"Ini tindakan yang tidak pantas dari pemerintah AS yang memanfaatkan hubungan dengan negara-negara Eropa," ujar Ruben.

Sejauh ini, belum ada komentar baik dari pihak Prancis maupun Portugal. Rombongan Evo Morales dikabarkan masih berada di Wina, Austria, untuk mendiskusikan rute penerbangan balik ke Bolivia.

Snowden sejauh ini diketahui berada di Moskow karena terjebak. Ia tidak bisa pergi ke mana-mana karena belum mendapat jaminan suaka politik dari negara asing.

ISTMAN MP/REUTERS

Baca Juga:

Jawab Penolakan Mursi, Tentara Siap Mati

Mesir Memanas, KBRI Tingkatkan Pengawasan WNI

Snowden Cari Suaka di 21 Negara 

Teks Lengkap Ultimatum Militer Mesir untuk Mursi 

Mabuk, Pria Ini Coba Buka Pintu Kabin Pesawat

Beda Spesies, Dua Hewan Ini Bersahabat


anda membaca berita Internasional Bolivia: Kami Tak Menampung Snowden yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment