Wednesday, July 3, 2013

BNPB: 1.524 Personel Siap Dikerahkan ke Aceh

BNPB: 1.524 Personel Siap Dikerahkan ke Aceh

Jakarta (Antara) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana siap mengerahkan 1.524 personel yang masih berada di Riau jika diperlukan untuk membantu mengatasi dampak bencana gempa bumi di wilayah Aceh.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Rabu, mengatakan 1.543 personel masih bertugas mengatasi kebakaran hutan dan lahan serta asap di Provinsi Riau, dan mereka siap dikerahkan kapan saja untuk membantu Aceh.

"Kepala BNPB juga sudah memerintahkan satu helicopter Collibri TNI AU yang ada di Riau untuk berangkat ke Aceh tadi pagi, untuk membantu penyelamatan korban khususnya antara Benermeriah dan Aceh Tengah," katanya.

Evakuasi korban, menurut dia, memang banyak melalui udara termasuk dengan menyewa pesawat charter karena medan dihadapi tim reaksi cepat berat. Beberapa lokasi terisolir karena itu perlu menggunakan transportasi udara.

Karena itu BNPB juga mengirimkan pesawat CN 235 ke Aceh untuk melakukan foto udara dan kaji cepat dampak kerusakan akibat gempa. "Tadi pagi pesawat CN 235 TNI AU juga sudah berangkat dari Halim Perdanakusuma untuk melakukan foto udara," lanjut Sutopo.

Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR dengan kedalaman 10 kilometer (km) terjadi di wilayah Aceh dengan pusat gempa di daratan berada 35 km barat daya Kabupaten Benermeriah atau 43 km Tenggara Kabupaten Bireuen, atau 50 km Barat Laut Kabupaten Aceh Tengah.

Gempa selama 15 hingga 45 detik dirasakan sangat kuat oleh warga Bener Meriah dan Aceh Tengah. Sehingga, menurut Sutopo, masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

Berdasarkan peta guncangan gempa di Bener Meriah dan Aceh Tengah memiliki intensitas 6 MMI (kuat) menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Sedangkan menurut Badan Geologi Amerika Serikat gempa memiliki intensitas 7,4 MMI.

Karenanya, Sutopo mengatakan banyak bangunan yang tidak dibangun dengan konstruksi tahan gempa rubuh. "Apalagi pusat gempa berada di daratan, 6 skala richter itu dampaknya cukup merusak". (ar)


anda membaca berita Nasional BNPB: 1.524 Personel Siap Dikerahkan ke Aceh yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment