Tuesday, July 2, 2013

10 Titik Pasar Murah di Jakarta

10 Titik Pasar Murah di Jakarta

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, Ratnaningsih berencana menggelar pasar murah di 10 titik yang ada di ibu kota menjelang sebelum puasa. Hal ini juga untuk mengantisipasi melonjaknya harga bahan kebutuhan pokok berbarengan dengan naiknya bahan bakar minyak (BBM).

Pasar murah ini rencananya akan digelar di kawasan kumuh. "Diharapkan dengan adanya pasar murah, masyarakat akan terbantu dalam pemenuhan kebutuhan sembako," ujar Ratnaningsih ketika dihubungi wartawan, Selasa, 2 Juni 2012.

Dua lokasi pasar rakyat telah diadakan pekan lalu yakni pada 23-24 Juni di Kelurahan Kalisari dan pada 25-26 Juni di Kelurahan Pegangsan. Sementara pada saat puasa akan ada delapan titik lagi yang diadakan pasar murah, yakni pada 10-11 Juli di Kelurahan Kebonkosong, 10-11 Juli di Pegadungan, 15-16 Juli di Kelurahan Rawabunga, 20-21 Juli di Kelurahan Kalianyar, 23-24 Juli di Jakarta Selatan (lokasi masih tentative), 25-26 Juli Kecamatan Kebayoranlama, 24-25 Juli di Kelurahan Warakas, dan 24-25 Juli di Petojoselatan.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas KUMKMP DKI Jakarta, Joko Kundaryo mengatakan, nantinya kebutuhan pokok yang disediakan di pesta rakyat tersebut diantaranya gula, minyak goreng, beras, terta paket sembako. Khusus untuk paket sembako akan dijual dengan harga murah yakni dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 20 ribu saja. "Masyarakat akan diberikan kupon untuk bisa membeli paket sembako," kata Joko.

Selain itu, disetiap lokasi akan disediakan 2 ton beras, 1,5 ton gula, dan 5.000 liter minyak goreng. Untuk ketiga komoditas tersebut akan dijual secara bebas kepada masyarakat. Pelaku UKM yang berada di wilayah masing-masing juga akan dilibatkan dalam pasar murah ini. "Kita juga libatkan pelaku UKM yang ada di kelurahan tersebut," ujar Joko.

Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan masih akan mengkaji konsep pasar murah. Bersama Asisten Sekretatis Daerah Bidang Pemerintahan, Sylviana Murni dan Asisten Perekonomian DKI, Hasan Basri Saleh, masih mengkaji konsep ini di kelurahan sampai kecamatan. "Nantinya setiap minggu akan kita buat pesta rakyat," ujar Basuki.

GALVAN YUDISTIRA

Topik Terhangat

Tarif Progresif KRL | ||

Berita terpopluer:


anda membaca berita Nasional 10 Titik Pasar Murah di Jakarta yang bersumber dari

No comments:

Post a Comment